Besok, 4 Mobil Pemadam Dikerahkan Semprot Disinfektan di Sutomo-Merdeka

Share this:
BMG
Walikota Siantar Hefriansyah (insert) saat memberikan arahan dan penugasan lewat teleconference kepada jajarannya yang sedang menggelar rapat membahas antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap Covid-19, di Ruang Data Pemko Pematangsiantar, Kamis (26/3/2020).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk menyemprot cairan disinfektan. Penyemprotan yang rencananya dilakukan pada Jumat (27/3/2020), itu dilakukan di lokasi yang paling banyak dilintasi warga, seperti Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka.

Rencana itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto, saat rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Data Pemko Pematangsiantar, Kamis (26/3/2020). Rapat itu membahas antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Pematangsiantar. Sementara, Walikota Hefriansyah mengikuti rapat lewat teleconference dari rumah dinas.

Dalam kesempatan itu, Hefriansyah memerintahkan para lurah dan camat agar berkoordinasi dengan pihak Polsek, Koramil, dan Puskesmas untuk terus mensoalisasikan social distancing. Selanjutnya, mengecek pendatang yang baru datang dari luar atau yang baru pulang dari perantauan.

Kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Midian Sianturi juga diperintahkan untuk terus berkoordinasi dalam penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Pematangsiantar. Kemudian, melaporkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP), mensosialisasikan agar rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan yang berstatus ODP agar melakukan isolasi mandiri.

“Orang yang keluar masuk Kota Pematangsiantar harus dipantau. Untuk tempat keramaian, saya berharap agar pihak Satpol PP bertindak tegas,” kata Hefriansyah.

BacaPakai Mobil Pemadam Kebakaran, Seluruh Siantar Disemprot Disinfektan

Sementara itu, Kusdianto menjelaskan, dalam rapat telah disepakati sejumlah langkah yang akan dilakukan Pemko Pematangsiantar dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19. Salah satunya penyemprotan disinfektan menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran di tempat yang banyak dilalui orang, yaitu Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo.

Setelah penyemprotan, diadakan sosialisasi ke kecamatan dan kelurahan. Dalam sosialisasi, warga yang baru datang dari luar Kota Pematangsiantar dianjurkan melapor dan memeriksakan diri.

BacaKabar Baik, Satu PDP di Siantar dan Tiga Orang Simalungun Negatif Corona

Kusdianto meminta agar Dinas Pendidikan selalu melakukan patroli untuk mengecek pelajar yang berada di warung internet (warnet), biliar, Play Station (PS) dan tempat keramaian lainnya. Jika menemukan pelajar di tempat-tempat tersebut, agar diperintahkan pulang ke rumah masing-masing.

“Satpol PP juga agar terus mengimbau para pemilik kafe dan tempat hiburan agar menghentikan kegiatan sementara waktu. Bila tidak digubris, akan dilakukan tindakan tegas,” ucap Kusdianto.

Share this: