Update Covid-19 Siantar: 4 Positif Hasil Swab Test, 1 dari Siantar Selatan

Share this:
BMG
Daniel Siregar, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematang Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Jumlah pasien positif covid-19 atau virus corona di Kota Pematang Siantar bertambah. Sesuai hasil swab test, pasien positif menjadi 4 orang. Pasien keempat berasal dari Kecamatan Siantar Selatan. Saat ini, pasien itu sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Martha Friska Kota Medan.

“Pasien berjenis kelamin perempuan. Usia 50 tahun,” kata Daniel Siregar, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematang Siantar, lewat siaran langsung di akun Youtube Diskominfo Pematangsiantar, Sabtu (9/5/2020) malam.

Daniel melanjutkan, sebelum hasil swab test keluar, sampel uji swab pasien diambil pada 26 April 2020. Ketika itu, pasien masih dirawat di RS GL Tobing di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Lalu, hasil swab test pasien tersebut dikeluarkan RS USU Medan, pada 8 Mei 2020.

“Rumah Sakit USU menyatakan pasien positif melalui surat Nomor:85/UN5.3.2.7/KPM/2020, tertanggal 8 Mei 2020. Surat itu ditujukan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara,” jelas Daniel.

BacaHasil Swab Test, Pasangan Suami Istri di Jalan Palangkaraya Siantar Positif Corona

Setelah pasien dinyatakan positif, sambung Daniel, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menerbitkan surat bernomor:443.33/6115.31/Dinkes/V/2020 yang ditujukan ke Direktur RS GL Tobing dan ditembuskan ke Dinkes Siantar. Dan dari RS GL Tobing, pasien itu kemudian dirujuk ke RS Martha Friska.

Daniel menambahkan, keluarga pasien tersebut sudah pernah menjalani rapid test. Namun, Daniel mengatakan akan ada rapid test lanjutan untuk keluarga dan warga sekitar (kediaman pasien).

BacaSakit Sepulang dari Medan, Hasil Swab Test Orang Balimbingan Positif Corona

Sekadar diketahui, 3 orang pasien lainnya yang positif hasil swab test di Siantar adalah seorang pedagang pecel keliling yang bermukim di Jalan Singosari, Gang Demak, Kelurahan Martoba, Siantar Utara, dan pasangan suami istri yang bermukim di Jalan Palangkaraya, Kelurahan Pahlawan, Siantar Timur.

Pedagang pecel itu dirawat di RSUP Adam Malik Medan, sedangkan pasangan suami istri tersebut dirawat di RSUD dr Djasamen Saragih Kota Siantar.

Share this: