Ini Nasehat dan Harapan Tokoh Simalungun ke Asner-Susanti

Share this:
BMG
Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Siantar Asner Silalahi-Susanti Dewayani foto bersama dengan tokoh dan pemangku adat Simalungun di Jalan WR Supratman, Kecamatan Siantar Barat, Sabtu (7/11/2020) malam.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Siantar Asner Silalahi-Susanti Dewayani menemui tokoh dan pemangku adat Simalungun, Sabtu (7/11/2020) malam, di Jalan WR Supratman, Kecamatan Siantar Barat. Kedatangan itu tak lain untuk meminta nasehat dan doa kepada orang Simalungun selaku Sipukkah Huta Siantar.

Dalam kesempatan itu, Asner-Susanti menyampaikan niat mereka untuk menjadi parhobas atau pelayan. Tujuannya untuk membangun kehidupan masyarakat Siantar yang lebih maju.

Adapun pemangku Adat Simalungun yang ditemui Asner-Susanti, antara lain Ketua Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Siantar Minten Saragih, Sekjen Japaten Purba, serta Ihutan Bolon Damanik yang diwakili Pandapotan Damanik.

Kemudian, hadir St Torang Saragih, St Jahusin Damanik, St Janelson Sinaga, St Mopar Purba, St Ubahman Sinaga, Bensar Saragih, Suhandi Sinaga dan tokoh Simalungun lainnya.

BacaIngat Leluhur dan Sejarah Siantar, Asner-Susanti Ziarah ke Jorat Sangnaualuh

Sekjen DPP PMS Japaten Purba mengapresiasi Asner-Susanti yang telah menghormati etnis Simalungun lewat pemangku-pemangku adat. Namun, Japaten berpesan, jika dipercaya rakyat menjadi pemimpin di Siantar, Asner-Susanti harus bekerja dengan mengedepankan motto atau falsafah Simalungun, yakni Habonaron Do Bona i bagas Sapangambei Manoktok Hitei.

“Habonaron Do Bona i bagas Sapangambei Manoktok Hitei itu jangan dilanggar! Itu motto. Kalau dikerjakan, pasti sukses,” kata Japaten.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: