Benteng Siantar

Diframing Dalam Kasus Penembakan Wartawan Bikin Golkar Meradang

Wakil Ketua DPD Golkar Siantar Pardamean Sihombing saat memberikan keterangan kepada wartawan setelah melaporkan pemilik akun facebook 'Murni Purba', Selasa (22/6/2021). (Latar) Postingan Murni Purba yang dianggap mencemarkan nama baik Golkar Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Postingan pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ di beranda miliknya terkait kasus wartawan ditembak mati di Kota Pematang Siantar, membuat Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Siantar, meradang.

Mereka geram karena pemilik akun facebook ‘Murni Purba‘ dalam postingannya pada Sabtu 19 Juni 2021, mengaitkan keberadaan Kantor DPD Golkar dengan Tempat Hiburan Malam (THM) Ferrari, yang bertepatan berdampingan di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematang Siantar.

Apalagi status facebook ‘Murni Purba’ itu diunggah tak lama berselang pasca kejadian penembakan terhadap korban Mara Salem Harahap alias Marsal.

Pardamean Sihombing lewat akun facebook Kim Pardamean Sihombing dalam kolom komentarnya pun memrotes postingan itu. Dia tidak terima jika Golkar dibawa-bawa dalam kasus penembakan yang menimpa wartawan Marsal Harahap tersebut.

BacaWartawan di Siantar Didor, Dieksekusi di dekat Rumah

BacaSebelum Didor, Marsal Harahap Sorot Peredaran Narkoba di Siantar

Begitu pun, pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ tetap saja bergeming. Bukannya mengklarifikasi, pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ itu dalam postingan selanjutnya, justru semakin berani dan blak-blakan.

Bersambung ke halaman 2..

Bukan hanya Golkar, sejumlah nama ia sebut, termasuk Mangatas Silalahi selaku Ketua DPD Golkar juga ia tulis.

Dalam postingan yang sama, pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ itu juga menyebut korban Marsal selalu minta jatah selalu kurang walaupun sudah dikoordinasikan selalu buat berita. Dan, tidak komit.

Tidak diketahui jelas apa tujuan pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ tersebut, namun postingan yang dengan sengaja men-tag sedikitnya 47 akun facebook lainnya itu viral di media sosial (medsos). Postingan itu juga telah membentuk opini dan atau persepsi publik terhadap peristiwa penembakan terhadap wartawan di Kota Pematang Siantar.

BacaAmbisi Merebut Singgasana Siantar Dua, Mereka Pesaing Terberat Sondi

BacaTangis Bonia, Istri Marsal Harahap: Ayah, Kenapa? Bangun.. Bangun Ayah!

Secara tidak langsung pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ itu telah memframing Golkar dan sosok Mangatas Silalahi dalam kasus tewasnya Marsal Harahap. Dan, tindakan itu membuat pengurus DPD Golkar marah sekali.

Bersambung ke halaman 3..

Pengurus DPD Golkar Siantar pun mengambil langkah tegas dengan melaporkan pemilik akun facebook ‘Murni Purba’ ke Polres Kota Pematang Siantar.

“Partai Golkar tidak ada hubungannya dengan Ferrari,” kata Pardamean Sihombing, Wakil Ketua DPD Golkar Siantar, saat ditemui usai melaporkan pemilik akun Murni Purba, Selasa sore.

Pardamean menilai, postingan yang mengaitkan-ngaitkan Ferrari dengan partai berlambang pohon beringin itu merupakan pencemaran nama baik.

BacaLBH IPK Sumut Desak Kapolri Usut Tuntas Penembakan Wartawan di Siantar

BacaSelamat! Mangatas Silalahi Jabat Ketua Golkar Siantar Untuk Ketiga Kalinya

Apalagi, pemilik akun mengunggah soal insiden penembakan dan menulis nama Mangatas Silalahi dalam postingan yang sama.

“Kami melaporkan pemilik akun Murni Purba dengan tuduhan pencemaran nama baik di media sosial (medsos) yang melanggar Undang-Undang (UU) ITE,” tambah Pardamean.

Bersambung ke halaman 4..

Mengontrak Gedung

Pada kesempatan itu, Pardamean Sihombing mengklarfikasi bahwa kantor yang bersebelahan dengan Ferrari juga bukan aset Golkar.

“Golkar mengontrak gedung itu (sebagai kantor),” sebut Pardamean.

Atas laporan itu, Kasubbag Humas Polres Siantar AKP Rusdi Ahya mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sudah Dihapus

Sementara, dari penelusuran BENTENG SIANTAR, pemilik akun Murni Purba sudah menghapus postingan tersebut. Tak hanya itu, pemilik akun juga sudah mengganti namanya menjadi MS Purba.

BacaMangatas ke Hefriansyah: Minus Prestasi, Walikota Itu Harus Pakai Otak

BacaWartawan Siantar Ditembak Mati, Kompolnas Beri Perhatian Serius

Pemilik akun juga mencatatkan biodata dirinya, yakni bekerja di Pemkab Simalungun, pernah belajar di SMA Negeri 3 Pematang Siantar, kota asal Balata, dan kota sekarang Pematang Siantar.