Indeks Ketahanan Keluarga Terhadap Penyalahguna Narkotika Masih Tinggi di Siantar

Share this:
BMG
Tuangkus Harianja, Kepala BNN Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Angka tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari Indonesia Drugs Report 2021, angka tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Sumut pada Tahun 2020 mengalami kenaikan dari Tahun 2019.

Selama 2019, tercatat kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Sumut sebanyak 6.542 kasus. Dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi kenaikan sebesar 8 persen.

Provinsi Sumatera Utara juga menjadi penyumbang angka prevalensi penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mengatasi permasalahan narkoba. Penanganan permasalahan narkoba harus bersinergi melalui program pencegahan, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan dan rehabilitasi.

Dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), BNN Kota Pematang Siantar melakukan penguatan di semua aspek bidang dan strategi sinergitas dengan semua stakeholder yang ada.

Upaya-upaya tersebut dilaksanakan secara komprehensif dan berkesinambungan yang diimplementasikan secara seimbang antara supply reduction atau pengurangan pasokan melalui upaya pemberantasan, dengan demand reduction atau pengurangan permintaan melalui upaya pencegahan.

“Strategi utama ini dilaksanakan oleh 4 bidang BNN, yakni pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dan pemberantasan, yang bersinergi dengan instansi terkait lainnya,” kata Tuangkus Harianja, Kepala BNN Siantar, kepada BENTENG SIANTAR, Senin (27/12/2021).

BacaAnggota DPRD Ini Dinyatakan Positif Narkoba: Saya Konsumsi Obat Ini

Baca75 Kg Sabu Tak Bertuan Diamankan BNN dari Jalan Sriwijaya Tanjungbalai

Dalam bidang pemberantasan, sambung Tuangkus, target di tahun 2021 sebanyak 1 LKN. Namun, BNN telah berhasil menyelesaikan 3 LKN dengan jumlah tersangka 5 orang dan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 34,97 gram.

Halaman Selanjutnya >>>

Program Unggulan BNN

Share this: