Distributor Agri Mandiri Sejahtera Diduga Jual Pupuk Urea di Luar Kelompok Tani, Seharga Rp 270 Ribu per Karung

Share this:
Suasana di gerai toko milik CV Agri Mandiri Sejahtera, distributor pupuk urea bersubsidi beralamat di Kota Pematang Siantar. Foto diabadikan belum lama ini.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Teriakan petani atas kelangkaan pupuk bersubsidi di Nagori Sigodang Barat, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, akhirnya mendapat respon. Distributor pupuk urea CV Agri Mandiri Sejahtera, telah menyalurkan pupuk ke kios pengecer.

Hanya saja, pupuk yang disalurkan disebut-sebut hanya 9 ton dari 10 ton jatah kelompok tani. Satu ton lainnya diduga dialihkan. Pendistribusian pupuk tersebut berlangsung pada 21 April 2022 lalu.

BENTENG SIANTAR, baru-baru ini, menerima laporan dari masyarakat bahwa CV Agri Mandiri Sejahtera dituding menjual pupuk urea subsidi kepada warga Dolok Panribuan, yang bertani di Nagori Pamatang Silampuyang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Hal itu disampaikan oleh salah seorang warga Pamatang Silampuyang berisinial JS.

Dia menerangkan, salah seorang petani di Pamatang Silampuyang datang ke lapak distributor pupuk subsidi CV Agri Mandiri Sejahtera, yang berada di Jalan Parapat, Kota Pematang Siantar, baru-baru ini.

Petani itu membeli sebanyak 20 karung (sak) pupuk bersubsidi dengan harga Rp270 Ribu per karung.

JS menilai, selain harga tersebut sangat jauh di atas harga eceran tertinggi (HET), distributor juga telah melakukan pelanggaran ketentuan karena menjual di luar dari daerah kerjanya.

“Harganya 270 ribu per karung. Jauh sekali di atas harga HET. Ini sudah melanggar peraturan,” katanya.

BacaGawat Bah! 4 Ton Pupuk Urea Bersubsidi Jatah Kelompok Petani di Rawang Pardomuan Nauli ‘Raib’

BacaDjarot Ajak Petani Solid, Bersatu Lawan Mafia Pupuk

Sekadar diketahui, pupuk urea bersubsidi sesuai HET (harga eceran tertinggi) sebagaimana diatur pemerintah adalah sebesar Rp112.000 per karung (ukuran 50 kg).

Halaman Selanjutnya >>>

Kadis Pertanian: Itu Korupsi

Share this: