Tabung Gas Meledak di Jalan Seram Bawah Siantar, Pasutri dan Menantunya Alami Luka Bakar

Share this:
BMG
Ilustrasi. Insiden tabung gas meledak mengakibatkan pasangan suami istri dan menantunya di Jalan Seram Bawah, Kelurahan Bantan, Siantar Barat, alami luka bakar.

Tips Aman Mengatasi Tabung Gas Bocor, Paling Penting Jangan Panik!

Kebocoran tabung gas menjadi salahsatu masalah yang kerap menimbulkan ledakan kebakaran. Situasi ini membuat sebagian besar orang panik dan takut ketika terjadi kebocoran gas.

Hindari kebocoran gas dengan cara yang tepat. Jika sempat terjadi, pastikan Anda tidak panik dan melakukan langkah-langkah penanganan yang cepat dan tepat, sehingga hal itu tidak menimbulkan ledakan atau bahkan dampak buruk lainnya di rumah Anda.

Dari insiden ini, berikut Redaksi BENTENG SIANTAR membagikan tips ketika menghadapi situasi serupa. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara aman mengatasi tabung gas bocor.

1. Hindari Kontak Listrik dan Api

Kalau tabung gas Anda mengalami kebocoran, pastikan Anda tidak menyalakan api dan segera memastikan kompor dalam kondisi tidak menyala. Hal itu penting untuk menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas.

Selain itu, hindari menyalakan lampu dan ataupun perangkat lainnya yang berhubungan dengan listrik. Sebab kontak listrik dapat memicu kemunculan gas di dalam ruangan dan mengakibatkan ledakan pada tabung gas. Tetaplah tenang dan hindari untuk melakukan kedua hal di atas dengan alasan apapun.

2. Cabut Regulator pada Tabung Gas

Anda tidak perlu takut, meskipun bau gas mungkin sudah tercium di area dapur. Anda harus segera mencabut regulator yang masih terpasang pada tabung gas. Pastikan tabung tercabut dengan sempurna, sehingga tidak memicu kebocoran yang lebih parah dari tabung gas tersebut.

3. Bawa Tabung Gas ke Luar dan Buka Jendela atau Ventilasi

Gas yang menyebar di area dapur mungkin saja sudah cukup banyak, sehingga perlu membuka jendela atau ventilasi dapur. Selanjutnya buka pintu dengan lebar, agar udara bersih bisa masuk dan gas menyebar ke luar.

Selain itu, Anda perlu membawa tabung itu keluar dari dapur, sehingga tidak memicu ledakan.

BacaSang Kakek Terbakar Saat Selamatkan Menantu dan Tiga Cucu dari Gudang Gas

BacaRumah Panggung Milik Boru Sinaga di Gurilla Ludes Terbakar

Untuk mengantisipasi kondisi seperti ini, akan jauh lebih baik jika sejak awal Anda memang memiliki ventilasi udara yang cukup di area dapur, sehingga tidak terjadi penumpukan gas yang dapat memicu terjadinya ledakan.

Halaman Selanjutnya >>>

Periksa Regulator Secara Berkala!

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: