Tabung Gas Meledak di Jalan Seram Bawah Siantar, Pasutri dan Menantunya Alami Luka Bakar

Share this:
BMG
Ilustrasi. Insiden tabung gas meledak mengakibatkan pasangan suami istri dan menantunya di Jalan Seram Bawah, Kelurahan Bantan, Siantar Barat, alami luka bakar.

Periksa Regulator Secara Berkala!

4. Tutup Tabung dengan Kain Basah

Dalam kondisi tertentu, bisa saja sudah terdapat api kecil di sekitar tabung gas. Anda mungkin akan sangat panik melihat situasi itu. Namun, Anda harus tetap tenang dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Ambillah kain yang ada di sekitar anda dan basahi dengan air, lalu segera tutupkan pada api tersebut.

Hal ini lakukan juga pada tabung gas Anda, terutama pada bagian permukaannya. Kain yang basah seperti ini akan segera membuat api padam dan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas tersebut.

5. Periksa Regulator Secara Berkala

Kebocoran gas tidak selalu disebabkan oleh tabung atau karet tabung yang tidak pas. Hal itu juga bisa disebabkan oleh regulator yang digunakan. Regulator bisa saja mengalami keruskan, kebocoran, atau bahkan rapuh pada beberapa bagian akibat masa pakai yang sudah terlalu lama.

Maka, Anda harus mengantisipasi hal itu dengan baik, yakni dengan cara melakukan pengecekan secara berkala. Kalau sudah terlihat ada tanda-tanda kerusakan, maka segera ganti regulator Anda dengan yang baru.

6. Jaga Kebersihan Kompor

Menjaga kebersihan area memasak/dapur juga sangat penting, agar segela sesuatunya tertata dengan rapi dan bersih. Anda perlu memberi perhatian khusus pada area kompor Anda.

BacaPetaka Gas Bocor Berujung Buyarnya Pesta Sunatan, 13 Korban Luka Bakar

BacaTabung Gas Elpiji 3 Kg Meledak, 2 Rumah Terbakar

Bersihkan seluruh area kompor dengan teratur, termasuk regulator dan juga area di sekitar tabung gas, sehingga kotoran dan debu tidak menempel di sana.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: