Gebyar Lintas Budaya Festival Nasyid Siantar: Wadah Kesenian dan Pencerahan Hati

Share this:
BMG
Acara Pembukaan Gebyar Lintas Budaya Festival Nasyid, bertempat di Lapangan Brimob Subden 2B Pematang Siantar, Kamis (15/9/2022).

Benteng dari Pengaruh Budaya Luar

Walikota Siantar Susanti Dewayani dalam sambutan tertulis dibacakan Ali Akbar menyampaikan apresiasi atas digelarnya Festival Nasyid.

“Seni nasyid memiliki peran ganda bagi umat manusia, khususnya umat Muslim, yakni sebagai wadah kesenian dan pencerahan hati,” kata Susanti.

Nasyid atau Qasidah, lanjut Susanti, diharapkan dapat menjadi salah satu benteng diri dari pengaruh budaya luar, khususnya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. Seni Nasyid mengajak manusia mendekatkan diri kepada Allah SWT, Sang Maha Pencipta.

Dikatakan, Festival Nasyid merupakan kegiatan yang sangat positif.

Selain memacu kreativitas, juga menjadi wadah untuk menuangkan inovasi yang religius, serta melestarikan budaya seni bernuansa Islami, yakni seni berisi dakwah, ceramah ataupun nasehat-nasehat bernuansa Islami, yang pada gilirannya akan ditransformasi kepada umat lainnya. Sehingga, dapat menjadi pendorong terwujudnya masyarakat yang religius, khususnya di Kota Pematang Siantar.

“Kepada seluruh peserta Festival Nasyid, kami mengucapkan selamat bertanding,” kata Susanti.

Dia berpesan agar para peserta menunjukkan penampilan maksimal, yang akan dapat memukau dewan juri dan penonton. Namun diingatkan agar senantiasa menjunjung tinggi sportivitas selama pertandingan berlangsung.

“Karena kita semua bersaudara, selain persaudaraan antara sesama Muslim, juga saudara sebagai warga Kota Pematang Siantar tercinta,” imbuhnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, senantiasa mendukung berbagai kegiatan masyarakat yang memberikan dampak positif.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi mendukung program-program Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat. Dengan adanya kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Pematang Siantar dengan berbagai stakeholder, maka ini akan mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” lanjut Susanti.

Walikota Siantar Susanti Dewayani SpA diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Hanpang) dan Pertanian Ir Ali Akbar foto bersama dengan Dewan Hakim, dalam Acara Pembukaan Gebyar Lintas Budaya Festival Nasyid, bertempat di Lapangan Brimob Subden 2B Pematang Siantar, Kamis (15/9/2022).

BacaIni Alasan Mengapa Simalungun Tuan Rumah MTQ Korpri Sumatera Utara Tahun 2022

BacaMomen Keakraban Walikota Susanti Dewayani dengan Sang Maestro Sanggar Rayantara Raminah Garingging

Pembukaan Gebyar Lintas Budaya Festival Nasyid ditandai dengan pemukulan beduk.

Turut hadir, Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematang Siantar Al Ustad Drs H Ali Lubis, Ketua LPTQ Kota Pematang Siantar Zainal Siahaan SE MM, Ketua Dewan Masjid Kota Pematang Siantar Natsir Armaya Siregar, serta para tokoh agama.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: