Angka Pengangguran di Siantar Turun Jadi 9,36 Persen

Share this:
BMG
Walikota Susanti Dewayani memberikan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di Kota Pematang Siantar, berlangsung di Aula Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar, Jalan Dahlia, Kamis (05/10/2023).

Dijelaskan, di masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021, banyak terjadi PHK di perusahaan-perusahaan. Namun demikian, sejak tahun 2022 beberapa perusahaan mulai bangkit dan memulai usahanya lagi dengan merekrut tenaga kerja.

Kondisi saat ini, lanjutnya, masih banyak kualifikasi pencari kerja yang belum sesuai dengan persyaratan jabatan yang ditentukan dan dibutuhkan oleh dunia usaha. Oleh karena itu, potensi diri pencari kerja seperti bakat, sikap, keterampilan, dan pengetahuan harus terus diasah. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan/skill untuk mengisi peluang kesempatan kerja sesuai persyaratan dan jabatan yang ada. Pencari kerja harus proaktif terhadap potensi diri dan tren dunia industri.

“Kami berharap, kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan ini bisa memberikan pemahaman kepada pencari kerja, agar lebih siap dan percaya diri serta mampu bersaing dalam memasuki pasar kerja di era digitalisasi saat ini,” tukasnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Robert Sitanggang SSTP dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mengentaskan pengangguran di Kota Pematang Siantar.

“Masalah pengangguran yang terjadi pada umumnya disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja,” ujarnya.

Peserta kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan sebanyak 105 orang, terdiri dari para pencari kerja yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar, mahasiswa-mahasiswi dari beberapa perguruan tinggi (Universitas Simalungun, Universitas HKBP Nommensen, Efarina, STIE Sultan Agung, STIKOM Tunas Bangsa, dan STAI UISU), yang akan diwisuda tahun ini, serta alumni yang belum bekerja dari perguruan tinggi tersebut.

BacaSusanti Bahagia Bisa Langsung Serahkan SK kepada 371 PPPK Tenaga Guru

BacaDua Tokoh Calon Penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023, Salahsatunya Maestro Seni asal Siantar

Hadir pada kegiatan ini, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Sekretaris Asosiasi Perusahaan Indonesia (Apindo) Drs Richard Manurung, Rektor II Universitas Simalungun (USI) Pandapotan Simatupang SE MM, Tim Psikologi dari Sintauli Consulting Pematang Siantar Theresia Anggraini, dan perwakilan sejumlah perguruan tinggi.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: