Pemasangan Meter Induk yang Bikin Aliran Air Berhenti Sementara di Beberapa Kawasan Siantar

Share this:
BMG
Perumda Tirta Uli Kota Pematang Siantar akan melakukan pemasangan unit meter induk yang baru di reservoir atau waduk yang berada di Simpang Panei, Kabupaten Simalungun, Rabu (18/10/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap seluruh pelanggan, Perumda Tirta Uli Kota Pematang Siantar akan melakukan pemasangan unit meter induk yang baru di reservoir atau waduk yang berada di Simpang Panei, Kabupaten Simalungun, Rabu (18/10/2023).

Selama proses pemasangan tersebut, aliran air ke beberapa kawasan pelanggan di Kota Pematang Siantar akan terganggu untuk sementara.

Pantauan langsung ke lokasi pemasangan, Tim teknis Perumda Tirtauli sedang berjibaku menuntaskan pekerjaan tersebut. Tim ini dipimpin langsung oleh Plt Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Uli, Arianto.

Arianto menjelaskan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, akan berdampak pada terjadinya gangguan pelayanan untuk sementara ke beberapa kawasan.

Kawasan-kawasan dimaksud, yakni Jalan Sutomo, Jalan Merdeka, Jalan Saribudolok, Jalan Nembos, Jalan Sisingamangaraja sekitar Jembatan Kembar, Jalan Enggang, Jalan Gunung Simanuk-manuk, Jalan Ahmad Yani, Kawasan BDB, Jalan Sabang Merauke, Jalan Vihara, Komplek Rumah Sakit Umum, Jalan Cipto, dan sekitarnya.

Arianto pun menyampaikan, permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan oleh proses ini.

“Atas nama manajemen Perumda Tirta Uli, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang terdampak oleh proses ini,” kata Arianto, sembari memastikan pihaknya berupaya maksimal agar pemasangan meter induk di pipa transmisi PVC 300 milimeter ini dapat rampung secepatnya.

Arianto juga menjelaskan, upaya normalisasi tekanan aliran air di beberapa yang terdampak masih terus dilakukan. Kondisi belum normalnya aliran air ini diantaranya disebabkan adanya udara yang terjebak di dalam pipa, pada saat pemasangan perlengkapan pipa atau di saat perbaikan.

BacaParah! Katup Pipa Air Perumda Tirtauli Siantar Kembali Hilang Dicuri

BacaPerumda Tirtauli Siantar Beri Kemudahan Cek Tagihan Air Minum, Segera Daftarkan WA Anda!

Di saat pengaliran air terhenti oleh pekerjaan perbaikan pipa, maka beberapa saat setelah air mengalir kembali, sebagian udara akan ikut terdorong ke dalam pipa.

Akibatnya, udara-udara itu akan terkumpul di tempat-tempat yang lebih tinggi dan akan menghambat laju air. Dan, jalan keluarnya adalah udara tersebut harus diberi jalan keluar dengan cara membuka katub udara dan juga pembukaan wash out (penguras).

“Sampai dengan saat ini, petugas kita di lapangan masih melakukan pembukaan wash out (penguras) di beberapa titik wilayah aliran pelayanan belum normal. Semoga kondisi ini cepat teratasi dengan segala upaya maksimal yang terus dilakukan oleh jajaran Perumda Tirta Uli Kota Pematang Siantar,” jelasnya.

BacaPerumda Tirtauli dan Dinkes Siantar Lakukan Pemeriksaan Rutin Kualitas Air

BacaTirta Nadi Medan dan Tirta Langsa Aceh Studi Banding ke Perumda Tirtauli Siantar

Selanjutnya, dia juga menyampaikan bahwa Perumda Tirta Uli akan mengoperasikan layanan mobil tangki air gratis untuk mendistribusikan air bersih kepada kawasan-kawasan pelanggan yang terdampak.

Dan pelanggan terdampak yang membutuhkan layanan ini atau ingin menyampaikan pengaduan secara langsung, dapat menghubungi call center Perumda Tirta Uli di nomor 0811-606-4448, pada setiap jam kerja.

Share this: