Kementerian PUPR: Perumda Tirta Uli Peringkat Kedua Terbaik se-Pulau Sumatera

Share this:
BMG

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uli Kota Pematangsiantar sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum terbaik se-pulau Sumatera.

Pernyataan ini termaktub dalam Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), yang bertujuan untuk memberi gambaran kondisi kinerja BUMD Air Minum kepada seluruh stakeholders terkait baik yang di dalam maupun yang di luar negeri.

Pada metode penilaiannya, Kementerian PUPR dan BPKP menggunakan Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja BUMD Air Minum Eks BPPSPAM sebagaimana telah digunakan pada tahun-tahun sebelumnya. Metode ini untuk menjaga konsistensi tata cara penilaian agar tidak berbeda selama satu periode Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, sesuai aspek dan indikator yang dinilai.

Secara prinsip penilaian kinerja dilakukan terhadap empat aspek, Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan, Aspek Operasional, dan Aspek Sumber Daya Manusia (SDM), yang dirinci dengan delapan belas poin indikator.

BacaPerumda Tirtauli Siantar Apresiasi Aksi Heroik Gilbert Menangkap Pencuri Meteran Air

BacaSusanti Ucapkan Selamat Mengabdi dan Bertugas kepada 10 Pendeta GKPS

Buku Kinerja BUMD Air Minum ini dikemas dalam satu set buku, yang berisi satu Buku Executive Summary dan empat Buku Wilayah.

Pada Executive Summary dipaparkan penilaian kinerja 393 terhadap BUMD Air Minum se-Indonesia, dan pada bagian Buku Wilayah dipaparkan penilaian kinerja terhadap BUMD Air Minum di tiap wilayah. Masing-masing wilayah tersebut yakni Wilayah I yang memuat 109 penilaian kinerja BUMD Air Minum yang ada di wilayah Sumatera, wilayah II memuat 109 penilaian kinerja BUMD Air Minum di wilayah Jawa, dan wilayah III memuat 120 penilaian kinerja BUMD Air Minum di wilayah Kalimantan.

BacaPerumda Tirtauli Siantar Beri Kemudahan Cek Tagihan Air Minum, Segera Daftarkan WA Anda!

BacaPerumda Tirtauli Siantar Raih Penilaian Terbaik BPKP Sumut

Pada Buku Kinerja BUMD Air Minum tahun 2023 ini, Perumda Tirta Uli mendapatkan peringkat kedua terbaik di wilayah I, atau se-Pulau Sumatera.

Sementara, untuk penilaian secara nasional, perusahaan kebanggaan warga Kota Pematangsiantar ini telah berada pada urutan 28 dari total 393 BUMD Air Minum yang ada di Indonesia.

Share this: