Susanti Bicara Toleransi di Acara Buka Puasa Bersama Alim Ulama: Alhamdulillah, Siantar Naik Peringkat 11

Share this:
BMG
Wali Kota Susanti Dewayani berbicara di hadapan para alim ulama pada Acara Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Kamis (04/04/2024).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Hubungan antara pemerintah dengan para alim ulama di Kota Pematangsiantar diharapkan mampu menjadi bekal dalam membangun Pematangsiantar menjadi kota yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur atau kota yang aman, damai, nyaman, dan sejahtera.

Harapan itu disampaikan Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, saat menghadiri kegiatan Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, di Sekretariat MUI Kota Pematangsiantar, Jalan Kartini Kamis (04/04/2024).

Susanti mengucapkan terima kasih kepada Ketua MUI Pematangsiantar, Drs HM Ali Lubis yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), TNI-Polri, dan lainnya yang selama ini telah seiring sejalan dan bersama-sama membangun Kota Pematangsiantar, sehingga Kota Pematangsiantar mendapatkan peringkat 11 Kota Paling Toleran di Indonesia.

Sebelumnya, kata Susanti, Kota Pematangsiantar berada di peringkat 51, kemudian naik menjadi peringkat 31.

“Alhamdulillah tahun ini, Kota Pematangsiantar mendapat peringkat ke-11,” kata Susanti.

Namun, meskipun ranking 11, tetapi pemerintah pusat melihat Kota Pematangsiantar ini loncatannya begitu luar biasa. Sehingga pemerintah pusat sangat berharap besar kepada Kota Pematangsiantar yang Insyaallah akan menjadi percontohan bagi kota-kota seluruh Indonesia untuk tingkat toleransinya.

Menurut Susanti, keberhasilan ini berkat kerjasama semua pihak. Sebab pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan dari semua elemen lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Susanti mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada MUI Kota Pematangsiantar yang menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama.

“Meski boleh dibilang mendadak, tetapi sangat luar biasa. Kegiatan ini selain buka puasa bersama tentunya ini juga bentuk silaturahmi, yang kita ketahui dengan adanya silaturahmi tentunya akan membawa banyak keberkahan dan banyak manfaat bagi kita semua,” ujar Susanti.

BacaMUI Siantar Buka Pelatihan Amil Zakat dan Pengelolaan Zakat

Baca‘Target’ Agustus 2024 Selesai, Pembangunan Gedung Merdeka Siantar

Sejumlah Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar hadir dalam acara itu, seperti Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, Kakan Kemenag Drs HM Hasbi, Dewan Pertimbangan MUI H Rafii Nasit, H Kusma Erizal Ginting SH yang juga Ketua Dekranasda, dan Al-Ustadz Syakban Siregar, Drs HM Nuh Nasution, Drs Natsir Armaya Siregar, Sulaiman Sinaga, serta perwakilan KPw Bank Indonesia Pematangsiantar, Azhar Syah.

Acara Buka Puasa Bersama MUI Kota Pematangsiantar diawali pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Pergantian Antar Waktu Ketua dan Sekretaris MUI di 3 kecamatan.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: