Prihatin Terhadap Maraknya Peredaran Narkoba, Simalungun Bersinar Segera Dibentuk

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
(Ki-ka) Ruslan Purba dan Mangapul Purba SE.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Dalam waktu dekat, Simalungun Bersih dari Narkoba (Simalungun Bersinar) segera terbentuk di Kabupaten Simalungun. Pembentukan gerakan tersebut dilatarbelakangi keprihatinan terhadap maraknya peredaran narkoba yang kini sudah masuk hingga ke pelosok desa.

Ruslan Purba, salah seorang pegiat anti narkoba di Simalungun, menjelaskan, gerakan seperti Simalungun Bersinar sangat diperlukan untuk membantu pemerintah dalam upaya memberantas narkoba, terutama di Siantar dan Simalungun.

“Peredaran narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Sudah sampai ke desa-desa, ke pelosok-pelosok. Makanya, gerakan ini harus segera dibentuk,” ucap Ruslan Purba, kepada BENTENG SIANTAR (siantar.bentengtimes.com), Senin (1/10/2018).

(Baca: Hary Wibowo, Kuli Bangunan Nyambi Jual Narkoba)

Ruslan melanjutkan, gerakan tersebut nantinya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Simalungun Bersinar akan melibatkan masyarakat dalam setiap upaya pemberantasan narkoba yang dilakukan.

“Kita juga akan melibatkan tokoh-tokoh agama, kepolisian, dan TNI, dalam gerakan ini,” jelasnya.

(Baca: Masih Ada Narkoba di Lapas Siantar, Porman: Saya Juga Belum Percayai Anggota)

Pembentukan gerakan ini pun mendapat dukungan dari Mangapul Purba SE, salah seorang politisi PDIP. Mangapul menyampaikan, Simalungun Bersinar juga nantinya harus melakukan upaya pencegahan.

“Sosialisasi kepada masyarakat harus terus dilakukan. Tujuannya supaya masyarakat sadar dengan kondisi sekitarnya. Jangan karena keluarganya tidak ada yang terlibat atau menjadi pengguna narkoba, jadi tidak peduli. Semua harus peduli, harus saling mengingatkan. Jika mengetahui keberadaan pengguna atau pengedar narkoba, segera laporkan,” tegasnya.

(Baca: Boydora Samosir, Pengedar Narkoba Siantar-Simalungun, Omzet Rp1,5 M per Bulan)

Menurut Mangapul, pemberantasan narkoba memang sudah menjadi atensi pemerintah pusat.

“Secara nasional, narkoba sudah menjadi perhatian serius. Makanya, gerakan-gerakan pemberantasan narkoba di setiap daerah sangat dibutuhkan,” ujarnya.

(Baca: Beredar Kabar, Arnold Mobil dan Kamal Munthe Diringkus Satres Narkoba)

Mangapul berharap, Simalungun Bersinar nantinya dapat menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba, khususnya di Kabupaten Simalungun.

Share this: