Dua Napi Lapas Siantar Kabur, Satu Ditangkap di Ajibata, Satu Lagi Buron

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Surya Darma Sitorus, satu dari dua napi yang kabur saat diserahkan Polres Simalungun, dan diwawancarai wartawan di Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Jumat (23/8/2019).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Dua narapidana (napi) yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar melarikan diri, Kamis (22/8/2019) pagi. Petugas lapas tak lagi menemukan kedua napi yang sehari-harinya bertugas sebagai tahanan pendamping (tamping) itu ketika apel pada Kamis sekira pukul 12.30 WIB.

Keduanya yakni Surya Darma Sitorus (33) dan Ebenezer Gultom (35). Keduanya terjerat kasus pencurian. Dua napi itu bertugas membersihkan taman lapas di luar tembok.

Setelah mendapat informasi itu, Polres Simalungun langsung melakukan pengejaran ke berbagai daerah yang diduga tujuan pelarian. Polisi akhirnya berhasil menangkap Surya Darma dari sebuah gubuk di Ajibata, Kabupaten Tobasa, Jumat (23/8/2019), dini hari sekira pukul 02.00 WIB.

“Kita tangkap saat bersembunyi di sebuah gubuk di Ajibata. Dia sendiri saja di gubuk itu,” ujar Katim Jatanras Polres Simalungun Aiptu Lasang Sinaga.

Saat disinggung tentang keberadaan Ebenezer Gultom, Lasang menuturkan, pihaknya masih melakukan pengejaran. Meski begitu, tambah Lasang, pihaknya sudah mendapatkan tanda-tanda lokasi persembunyian Ebenezer.

“Tim sudah bergerak ke lokasi target,” ujarnya.

Sementara itu, Surya Darma mengaku, dirinya nekat kabur karena ajakan Ebenezer.

“Si Ebenezer mengajak aku kerja ke luar kota,” kata Surya.

BacaLangkah Baru Merubah Mental Pecandu Narkoba di Lapas Siantar

Baca3 Fakta Tentang Riwayat Hendra, Napi Narkoba yang Meninggal di RSU dr Djasamen

Namun, tambah Surya, saat tiba di Ajibata yang tak lain merupakan kampung halaman Ebenezer, dia ditinggalkan.

“Sampai di Ajibata, si Ebenezer lari. Nggak tahu ke mana,” ucapnya.

Share this: