Kartu Si Kerja ‘Setara’ Rp50 Juta, Untuk Siapa? Simak Penjelasan Radiapoh Sinaga

Share this:
BMG
Radiapoh Hasiholan Sinaga, Calon Bupati Simalungun.

Dia mengatakan, melalui program kartu Si Kerja, segala bentuk bantuan akan menyasar ke setiap bidang usaha masyarakat, mulai dari UMKM, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, termasuk pendidikan dan pelatihan.

Di bidang UMKM, terang Radiapoh, kartu Si Kerja bisa dimanfaatkan untuk subsidi sewa tempat usaha, pembuatan izin usaha (CV), dan bantuan modal usaha.

Di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan, kartu Si Kerja bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai keperluan, mulai dari bantuan pembukaan lahan, subsidi pupuk dan bibit, bantuan alat mesin pertanian, bantuan pembuatan kandang ternak, subsidi pakan ternak, termasuk bantuan anak ternak, seperti sapi, kambing, unggas, dan ikan.

Untuk bidang pendidikan dan pelatihan, kartu Si Kerja akan bermanfaat sebagai beasiswa pendidikan, bantuan pelatihan seperti kerajinan tangan, pembiayaan kursus atau pelatihan kerja, termasuk bantuan alat kerja mulai dari mesin jahit atau perbengkelan.

Namun, Radiapoh mengingatkan, kartu Si Kerja bukan seperti ATM yang berisi uang. Dikatakan, kartu Si Kerja tidak bisa diuangkan oleh pemegangnya.

BacaRHS Utamakan Ekonomi, Hasim Mandiri, Wagner Unggul, Anton Mantab

Mengenai sumber dana untuk merealisasikan kartu Si Kerja, lanjut Radiapoh, berasal dari dana strategis, dana bansos, pendapatan asli daerah (PAD) dan sumber-sumber dana lain yang akan diupayakan berdasarkan kreativitas dan kepiawaian pemerintah dalam mengelola potensi-potensi daerah.

Bersambung ke halaman 3..

Share this: