Benteng Siantar

Cek Fakta: Benarkah Mixnon Simamora Mengundurkan Diri dari Sekda Simalungun

Mixnon Andreas Simamora saat berjabat tangan dengan JR Saragih, dalam acara pelantikan eselon II di lingkungan Pemkab Simalungun.

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Beredar kabar di media sosial (medsos) menyebutkan Mixnon Andreas Simamora mengundurkan diri dari posisi Sekda Simalungun. Kabar pengunduran diri itupun memunculkan berbagai spekulasi di tengah publik, mengingat Mixnon Andreas Simamora dilantik sebagai Sekda saat JR Saragih menjabat Bupati Simalungun.

Steven Samrin Girsang, Wakil Ketua DPRD Simalungun, yang dikonfirmasi ikhwal pengunduran diri Mixnon Andreas Simamora, mengaku belum mendapat kabar. Tetapi jika Mixnon Andreas Simamora benar mengundurkan diri, menurut Steven Samrin Girsang, surat pengunduran diri itu biasanya akan ditembuskan ke DPRD Simalungun, sebagai lembaga mitra eksekutif.

Saat ditanya bagaimana hubungan antara Sekda Mixnon Andreas Simamora dengan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, dia mengatakan, dari yang ia lihat selama ini baik-baik saja.

BacaKasus Marsal: Bos Ferrari dan Anggotanya Jadi Tersangka, Begini Kronologi Lengkap Penembakan

BacaMixnon Simamora, Pernah di Militer Pangkat Letnan Dua, Kini Jabat Sekda Simalungun

Menurutnya, Mixnon Simamora itu merupakan sosok yang loyal kepada pimpinan, termasuk kepada Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga. Hal itu ia lihat dari beberapa kali Mixnon Simamora selalu hadir mewakili Bupati Simalungun, terutama ketika rapat-rapat digelar di DPRD Simalungun.

“Beberapakali kami rapat, beliau selalu hadir mewakili Bupati Simalungun,” kata politisi PDIP yang akrab disapa Samrin Girsang ini, lewat telepon selularnya.

“Yang kita lihat bagus-bagus saja,” ujar Samrin.

Bersambung ke halaman 2..

Dia mengungkapkan, terakhir bertemu dengan Sekda Mixnon Andreas Simamora ketika menghadiri rapat pembentukan Panja Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemkab Simalungun TA 2020 di DPRD Simalungun.

“Kira-kira seminggu yang lewat lah, kami ketemu dalam rapat,” katanya.

Namun, dia tidak memungkiri kemungkinan adanya komunikasi yang kaku di antara keduanya, antara Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dengan Mixnon Andreas Simamora.

“Ya, kita kan sama-sama tahu jika beliau itu (Mixnon Simamora) diangkat sewaktu bupatinya JR (maksudnya: JR Saragih). Jadi, mungkin agak sungkan,” kata Samrin.

BacaModus Main Saham, Uang ‘Gelap’, Oknum Anggota Dewan Siantar Dipolisikan

BacaPemuda Pancacila Awasi PNS Simalungun dan Kantor Layanan Publik

Sementara, dari informasi beredar mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Simalungun itu dikabarkan mengundurkan diri karena alasan sakit. Dari kabar beredar, surat pengunduran diri Mixnon juga sudah disampaikan ke Bupati Simalungun pada Senin (21/6/2021) lalu.

Bersambung ke halaman 3..

Mixnon dalam suratnya ingin fokus untuk penyembuhan. Dan, Mixnon kabarnya sedang dalam perawatan dan harus melakukan terapi rutin.

Namun, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, belum berhasil dikonfirmasi terkait pengunduran diri Mixnon Simamora.

Demikian halnya, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani juga belum memberikan keterangan terkait kabar pengunduran diri Mixnon Andreas Simamora dari jabatan sekda.

BacaTata Danau Toba, 90 Keramba di Haranggaol Ditertibkan

BacaMixnon Tetap di Pendapatan, Jan Posman ke Koperasi, Resman di Pariwisata

Sementara, Jamesrin Saragih, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Simalungun, ketika dikonfirmasi membenarkan jika Mixnon Simamora telah mengundurkan diri dari posisi Sekda Simalungun.

Jamesrin mengungkapkan, Mixnon Simamora dalam surat pengunduran dirinya mengatakan alasan mengundurkan diri karena dalam proses pemulihan kesehatan dan membutuhkan terapi rutin serta diet ketat.

“Pak Mixnon Simamora telah mengundurkan diri dari jabatan Sekretaris Daerah. Adapun alasan pengunduran diri adalah karena dalam proses penyembuhan kesehatan (saraf terjepit), sehingga perlu menjalani terapi rutin dan diet ketat” tulis Jamesrin lewat ponselnya kepada BENTENG SIANTAR, Jumat (25/6/2021) malam.

Bersambung ke halaman 4..

Sekadar diketahui, Mixnon Andreas Simamora dilantik sebagai Sekda Simalungun pada awal 2020 lalu. Ia menggantikan Gidion Purba, yang memilih mundur dari jabatan Sekda Simalungun pada Desember 2019, karena sempat berencana ikut perhelatan Pilkada Simalungun 2020.