Proyek Jalan Lapen Senilai Rp127 Juta di Silau Bayu Diyakini Asal Jadi, Baru Dikerjakan Sudah Mrotol

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Kondisi proyek jalan lapen yang baru selesai dikerjakan di Jalan Laras Huta III, Nagori Silau Bayu, Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun. Foto diabadikan belum lama ini.

GUNUNG MALIGAS, BENTENGSIANTAR.com– Proyek jalan lapen dengan nilai anggaran sebesar Rp127.429.189 di Jalan Laras Huta III, Nagori Silau Bayu, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, diyakni pengerjaannya asal jadi. Keyakinan itu muncul oleh beberapa hal janggal.

Dari pemantauan BENTENG SIANTAR, baru-baru ini, adapun permukaan proyek jalan desa itu tidak merata. Hasil pengerjaannya tidak rapi dan ketebalan diduga kuat tidak sesuai bestek.

Penasaran, awak media, mencoba iseng dengan mencongkel permukaan jalan lapen. Dan, yang mengejutkan, kerikil itu dengan mudahnya memrotol.

Padahal, dicongkel hanya dengan menggunakan jemari. Tapi, kerikilnya copot dari permukaan jalan lapen. Sehingga, proyek jalan lapen itu diyakini tidak akan bertahan lama.

Menurut warga sekitar seorang bermarga Girsang dan seorangnya lagi perantauan asal Banten, menuturkan, jika proyek lapen di desa mereka tersebut, baru selesai dikerjakan kurang lebih sebulan.

“Ini jalan baru dibangun, kurang lebih sebulanan lah,” kata seorang warga bermarga Girsang, ketika ditemui BENTENG SIANTAR di depan rumahnya, Jalan Laras Huta III, Nagori Silau Bayu.

Soal kualitas mereka mengaku tidak paham. Tapi, sekilas pandang mereka sepakat kalau proyek jalan desa itu, pengerjaannya tidak rapi.

Begitu pun, mereka tetap bersyukur jalan di desanya diperbaiki.

“Dulu, jalan ini hanya dibatu. Sekarang, lumayan lah sudah ada aspalnya,” timpal perantauan asal Banten itu.

BacaKualitas Proyek Irigasi di Afdeling 12 Bah Jambi Diragukan, Dikerjakan dalam Kondisi Tanah Tergenang Air

BacaProyek Rabat Beton di Huta IV Urung Bayu, Tanah Jawa Terindikasi Korupsi, Buktinya Ini ..

Dari pemantauan lokasi, proyek jalan lapen itu memiliki volume 207 meter x 3 meter. Anggaran bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023, dan telah diresmikan oleh Pangulu Silau Bayu, Sahlan Sinaga.

Selain proyek perkerasan jalan lapen, Pemerintah Nagori Silau Bayu pada Tahun Anggaran 2023, juga merealisasikan pembangunan rabat beton pada dua lokasi, seluruhnya ada di Huta III Silau Bayu.

Kondisi proyek jalan lapen di Jalan Laras Huta III, Nagori Silau Bayu, Kecamatan Gunung Maligas, Simalungun. Foto diabadikan baru-baru ini.

BacaBaru Beberapa Hari Selesai Dikerjakan, Proyek Pengaspalan CSR PTPN IV Unit Kebun Mayang, Sudah Rusak

BacaKualitas Proyek Jalan Rabat Beton di Dosin Simalungun Diragukan, Pengamat: Masa Kerikilnya Tidak Diaduk di Molen?

Pertama, pembangunan rabat beton di Jalan Musholah Huta III, dengan nilai anggaran sebesar Rp58.401.110. Kedua, pembangunan rabat beton di Jalan Syahlan Sinaga Huta III, dengan nilai anggaran sebesar Rp40.393.260.

Share this: