Susanti: Penyebaran Injil di Simalungun Tidak Dapat Dipisahkan dari Siantar

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani menyampaikan kata sambutan pada Acara Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik 1 dan Pesta Olob-olob GKPS Resort Raya, di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pamatang Raya 1903, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sabtu (02/09/2023) sore.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Walaupun hujan turun cukup deras, Walikota Siantar Susanti Dewayani tetap antusias menghadiri acara Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik 1 dan Pesta Olob-olob GKPS Resort Raya, di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematang Raya 1903, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sabtu (02/09/2023) sore.

Di acara tersebut, Susanti, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH MH, dan sejumlah tokoh Simalungun seperti Rudolf Saragih dan Parlindungan Purba menerima Hiou yang dipakaikan oleh Sekjend GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe.

Mengawali sambutannya, Susanti mengucapkan menyampaikan selamat atas terselenggaranya Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun. Susanti mengutarakan, penyebaran Injil di Kabupaten Simalungun tidak dapat dipisahkan dari Kota Pematang Siantar. Sebab secara historis, Kota Pematang Siantar lahir dari Kabupaten Simalungun.

“Seperti bapak dan anak. Artinya, apa yang dirasakan oleh Kabupaten Simalungun, juga turut dirasakan oleh Kota Pematang Siantar. Begitu juga sebaliknya,” tutur Susanti.

Masih kata dr Susanti, tentunya keberadaan Injil di Simalungun yang telah berusia 120 tahun, telah membentuk karakter, moral, dan etika pada masyarakat.

“Tentunya perayaan ini mengingatkan kita bahwa agama itu bukan hanya untuk beribadah. Tetapi agama berbicara cinta kasih dan solidaritas di dalam bermasyarakat,” terangnya.

Susanti juga mengatakan, kehadiran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam acara tersebut untuk mengapresiasi karena telah terciptanya kehidupan yang baik dan harmonis di Kota Pematang Siantar serta Kabupaten Simalungun.

“Sekali lagi, kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun. Damai sejahtera untuk kita semua. Diateitupa, Horas!” tutup Susanti.

Walikota Siantar Susanti Dewayani dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga duduk sejejeran saat menghadiri Acara Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik 1 dan Pesta Olob-olob GKPS Resort Raya, di GKPS Pamatang Raya 1903, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sabtu (02/09/2023) sore.

BacaGKPS Efrata Gotong Royong Bantu Jemaat yang Terdampak Covid-19

BacaEmpat Masalah dan Tantangan UMKM Indonesia ke Depan, Apa Saja?

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, didampingi istri Ratnawati Sidabutar dalam sambutannya menyampaikan peran yang begitu besar dari August Theis, Pdt J Wismar Saragih, dan Guru Jason Saragih, dalam perjalanan Injil di Simalungun.

Menurutnya, saat ini hanya GKPS yang menjadi gerbang terakhir berbahasa Simalungun.

“Terima kasih, semoga Tuhan yang memberkati dan memberi rezeki berlipat ganda dalam membesarkan GKPS,” kata RHS.

BacaBupati Radiapoh Bilang Selalu Datang ke Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Ibadah, Tahu Kenapa?

BacaEmpat Masalah dan Tantangan UMKM Indonesia ke Depan, Apa Saja?

Turut hadir pada Jubileum 120 tahun Injil di Simalungun ini, antara lain Pangdam I/Bukit Barisan diwakili Kasrem 022/Pantai Timur Letkol Inf Yoppy Hutasoit, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossi, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kompol Marhalam, mantan Ephorus GKPS Jaharianson Saragih, dan sejumlah mitra dari Jerman.

Share this: