Underplanting Sawit di PTPN IV Unit Tonduhan Tuai Sorotan

Share this:
RICHARDO GULTOM-BMG
Peremajaan kelapa sawit dengan teknik underplanting di areal perkebunan PTPN 4 Unit Tonduhan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Foto diabadikan belum lama ini.

HATONDUHAN, BENTENGSIANTAR.com– Peremajaan kelapa sawit yang sedang berlangsung di areal perkebunan PTPN 4 Unit Hatonduhan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menuai sorotan. Teknik underplanting yang diterapkan selain diduga tidak mengikuti prosedur, bisa mengundang hama, juga dapat mengancam keselamatan pekerja.

Amatan Benteng Siantar pada Senin (16/10/2023), peremajaan kelapa sawit dengan teknik underplanting terdapat di areal Afdeling 2. Di lokasi itu, terlihat tanaman kelapa sawit muda (TBM) ditanam di area antara tanaman kelapa sawit tua yang sudah mulai menguning.

Menurut salahseorang pekerja buruh harian lepas (BHL) yang ditemui di lokasi menyebutkan, jika tanaman kelapa sawit tua itu sebelumnya sudah disuntik mati. Dan, keseluruhannya berada di sepanjang perbatasan dengan sungai.

Dia berpendapat kalau, keberadaan kelapa sawit tua itu akan mengganggu pertumbuhan tanaman belum menghasilkan (TBM).

“Kami khawatir bilamana pohon sawit yang disuntik racun tumbang dan menimpa tanaman sawit muda, pastinya akan merusak tanaman di sekitarnya,” keluh buruh yang enggan menyebutkan namanya itu.

BacaKalau Begini, PTPN 4 Bisa Merugi! Tanaman Sawit Muda di Unit Balimbingan Semak Kali

BacaPraktik Judi Tembak Ikan Marak di Wilayah Hukum Polsek Tanah Jawa, Miris, Anak-anak Ikut Main

Kekhawatiran lain, tentang keselamatan mereka saat bekerja di areal sawit muda, seperti melakukan pembedengan dan lain sebagainya.

“Jujur, kita pun harus waswas jika sewaktu-waktu pelepah sawit terjatuh bisa mengenai saat bekerja,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: