35 Tahun Tidak Tersentuh, Sekarang Lebih Baik di Tangan Radiapoh

Share this:
CHANDRO PURBA-BMG
Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga foto bersama masyarakat di Huta Lima Kampung Samosir, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (23/04/2024).

Butuh Rp4 T

Menanggapi keluh kesah, pesan dan kesan warga itu, Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan bahwa kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun saat ini, rusak berat sepanjang 1.032 Km. Sementara, untuk perbaikan jalan hotmix dibutuhkan anggaran biaya sebesar Rp3,5 miliar per Km.

Itu artinya, butuh anggaran sebesar Rp4 Triliun. Sementara, APBD Kabupaten Simalungun Tahun Anggaran 2024, sebesar Rp2,4 Triliun.

“Itu sudah termasuk membayar gaji camat, tenaga kesehatan, guru dan para pegawai di Kabupaten Simalungun,” kata Radiapoh.

Sedangkan, alokasi anggaran untuk membenahi infrastruktur jalan hanya berkisar Rp200 miliar. Itu pun telah terpotong sebesar Rp120 miliar untuk anggaran kegiatan pilkada. Maka, anggaran tersisa sekitar Rp80 miliar.

Andai tidak ada pemotongan anggaran pilkada pun, dengan anggaran sebesar Rp200 miliar, Pemerintah Kabupaten Simalungun hanya dapat membenahi jalan kurang lebih 57 Km. Atau sepanjang 1,7 Km per kecamatan dari 32 kecamatan di Kabupaten Simalungun.

Jadi, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya pemerintah sekarang membenahi infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun.

“Tetapi, Puji Tuhan, Syukur Alhamdulillah, melalui kebersamaan masyarakat Simalungun, termasuk juga masyarakat di Huta Lima Kampung Samosir ini, dan masyarakat yang ada di Kecamatan Siantar. Luar biasa apresiasinya mendukung pemerintah dengan membayar PBB,” ucap Radiapoh.

“Kalau gak dari mana anggarannya? Jadi, pak pangulu tak usah menunggu sampai bulan dua belas (Desember). Kalau bisa bulan Enam (Juni) ini, sudah tuntas semua. Tuntas tas..tas dari Kecamatan Siantar ini. Karena apa? Karena itu nya roh untuk membangun kampung halaman kita ini bapak ibu sekalian,” kata Radiapoh lagi, dan disambut tepuk tangan masyarakat.

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga temu ramah dengan masyarakat di Huta Lima Kampung Samosir, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (23/04/2024).

BacaPunya Puluhan Perusahaan, Ribuan Karyawan, RHS Ungkap Rahasia Mereka Setia

BacaSemoga Tembus! Usul Perbaikan Jalan Lingkar Danau Toba di Simalungun, RHS Temui Luhut

Pada kesempatan itu, Radiapoh mengungkapkan, masih ada banyak lagi infrastruktur jalan yang membutuhkan perhatian pemerintah.

“Itu ibu belum lihat di daerah Raya Kahean, Silau Kahean. Bahkan, dari zaman Kemerdekaan, ada yang belum tersentuh,” kata Radiapoh.

Halaman Selanjutnya >>>

Yakin dengan Kebersamaan

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: