Dana BOS Boleh Dipakai Beli Kuota Internet Guru dan Siswa

Share this:
BMG
Darwin Purba, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Siantar.

Maka untuk kondisi demikian, pilihannya bisa belajar luring (luar jaringan). Dengan luring, para tenaga pendidik bisa memberikan tugas-tugas dalam bentuk tertulis kepada para siswa. Selanjutnya, para siswa yang mengambilnya ke sekolah. Dengan begitu, para siswa tetap bisa belajar dari rumah.

“Nah untuk teknis pelaksanaan sepenuhnya ada pada satuan pendidikan masing-masing. Prinsipnya harus belajar dari rumah sesuai SKB 4 Menteri,” tandas Darwin.

Apa Itu Daring dan Luring?

Sejak pandemi Covid-19, banyak kegiatan dilakukan secara daring maupun luring. Seperti proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara jarak jauh melalui dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Lalu, apakah maksud daring dan luring? Berikut penjelasannya.

Merujuk KBBI Kemendikbud, daring adalah singkatan dari dalam jaringan. Artinya, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Kegiatan-kegiatan daring di antaranya, webinar, kelas online, KKN online, hingga kuliah online. Seluruh kegiatan dilakukan menggunakan jaringan internet dan komputer.

Sedangkan, luring adalah akronim dari luar jaringan. Luring diartikan sebagai terputus dari jejaring komputer.

BacaSylvia Putri, Gadis Siantar Kembali Terpilih Jadi Anggota Paskibraka 2020

Adapun jenis kegiatan yang dilakukan Luring yakni menonton acara TVRI sebagai pembelajaran siswa sekolah juga mengumpulkan karya berupa dokumen. Kegiatan Luring tidak menggunakan jaringan internet dan komputer, melainkan media lainnya seperti TV dan dokumen.

Share this: