Debit Air Turun, PDAM Tirtauli Bangun Sumur Resapan di Nagahuta

Share this:
BMG
Tim LPPM USU saat meninjau lokasi pembangunan sumur resapan di Kelurahan Nagahuta, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematang Siantar, pada Kamis (15/10/2020).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtauli Kota Pematang Siantar bekerjasama dengan Indonesian Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) akan mulai melaksanakan program pembangunan sumur-sumur resapan.

Pembangunan sumur resapan ini merupakan bagian dari program konservasi daya air yang dirancang untuk mengatasi penurunan debit air di umbul-umbul air milik PDAM Tirtauli yang telah disusun lewat kajian yang dilakukan Tim Kajian Kerentanan Mata Air (KKMA).

Sebagaimana diketahui, terjadinya penurunan debit air di sumber-sumber air belakangan ini telah menjadi permasalahan sejumlah daerah. Kondisi ini disebabkan berbagai faktor, yakni perubahan iklim, perubahan tata dan fungsi lahan, serta perubahan pola hidup masyarakat di sekitarnya.

Oleh PDAM Tirtauli dan Pemko Pematang Siantar, kewaspadaan atas persoalan ini segera disikapi dengan mengintegrasikan upaya-upaya antisipasi ke dalam mekanisme dan dokumen perencanaan ke depan. Hal itu diawali dengan kerjasama bersama IUWASH.

BacaTingkatkan Kompetensi SDM, PDAM Tirtauli Siantar Gelar Inhouse Training

BacaRapat PDAM Tirtauli dan IUWASH: Air Tidak Lagi Soal Kuantitas, tapi Kualitas

IUWASH kemudian membuat technical assistance (bantuan teknis) berupa kajian luar biasa dengan keterlibatan tenaga akademik untuk menganalisa dan menyusun mekanisme antisipasi tersebut.

Dan objek pertama program ini adalah membangun sumur resapan di dekat umbul air Nagahuta.

Share this: