Perjalanan Panjang Perbaikan Pipa Distribusi Perumda Tirtauli di Janggir Leto

Share this:
BMG
Proses perbaikan pipa distribusi Perumda Tirtauli yang patah di Huta Bagasan, Nagori Janggir Leto, Kabupaten Simalungun, belum lama ini.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Patahnya dua pipa distribusi milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtauli yang diakibatkan meluapnya air Sungai Bahkora di Huta Bagasan, Nagori Janggir Leto, Kabupaten Simalungun, belum lama ini, membuat tim teknis terus bekerja keras melakukan perbaikan.

Kerusakan yang disebabkan banjir itu cukup parah. Akar dan batang pepohonan yang terbawa banjir telah menghantam pipa-pipa yang melintang di atas sungai hingga patah. Bahkan, banjir itu menghancurkan konstruksi beton yang sebelumnya menjadi dudukan pipa pada sisi-sisi tepi sungai.

Sebelumnya, dalam perjalanan menuju lokasi tersebut, Tim Teknis Perumda Tirtauli harus terlebih dulu membuka akses jalan setapak supaya bisa sampai lokasi. Sebab, tanah berlumpur untuk menuju sungai yang berjarak sekitar dua kilometer dari jalan besar ini disesaki dengan pepohonan dan semak belukar.

Kabag Transmisi Distribusi Perumda Tirtauli Jumirin, mengaku jika topografi di tempat itu cukup mempersulit proses perbaikan yang dia pimpin. Karena, jenis kerusakan di tempat ini adalah kerusakan yang perbaikannya membutuhkan bantuan peralatan-peralatan berukuran cukup besar dan berat. Dengan begitu, proses perbaikannya bisa berlangsung dengan cepat.

BacaTingkatkan Kompetensi SDM, PDAM Tirtauli Siantar Gelar Inhouse Training

BacaTipu Warga Modus Bantuan UMKM, Oknum Pejabat Dinas Koperasi Siantar Ngaku Khilaf

Namun, meski demikian, sambung Jumirin, salah satu dari dua pipa utama yang patah sudah selesai mereka perbaiki. Perbaikan itu mereka lakukan dengan cara mengangkat, meluruskan, dan menyambung pipa galvanis berdiameter milimeter yang patah dengan cara manual.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: