Panther Tertangkap Bawa 540 Liter Solar Subsidi, Sopir Telepon Seseorang, Pidananya Ngeri..

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Risman Nainggolan diringkus polisi di jalan Parapat, ketika hendak pulang ke kampung halaman Nagori Togu Domu Nauli, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun. Selain Risman, mobil Isuzu Panther bermuatan 540 liter solar bersubsidi turut diamankan Sat Reskrim Polres Siantar.

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Di tengah gejolak kenaikan harga BBM masih saja ada orang nekat melakukan kegiatan usaha jual beli minyak tanpa izin. Salahsatunya Risman Nainggolan.

Pria 45 tahun asal Nagori Togu Domu Nauli, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, itu harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Dia harus merasakan dinginnya udara di balik jeruji sel Polres Siantar.

Informasi diperoleh BENTENG SIANTAR, Risman diamankan petugas karena tertangkap berupaya menyelundupkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi. Dia diringkus di jalan lintas Parapat, dalam perjalanan pulang ke kampungnya Togu Domu Nauli, Senin (5/9/2022) sore.

Menyadari jika orang yang telah memaksa berhenti laju mobilnya itu adalah petugas polisi, Risman langsung meraih telepon genggamnya. Lalu, dia menghubungi seseorang. Tapi, petugas bergeming dan tetap memroses Risman dan membawanya ke Mapolres Siantar.

Kasus penyelundupan BBM solar bersubsidi ini berawal dari kecurigaan petugas yang sedang melakukan monitoring di SPBU Nomor 14211210, Jalan Parapat. Saat itu, petugas melihat Risman melakukan pembelian solar bersubsidi secara berulang kali.

Polisi pun curiga kemudian membuntuti Risman yang pada saat itu mengendarai mobil minibus jenis Isuzu Panther dengan nomor polisi B 7612 HC melintas di jalan Parapat. Tidak lama berselang, petugas pun berusaha menghentikan paksa mobil tersebut.

Risman Nainggolan saat berbicara ke seseorang lewat telepon genggamnya.

Setelah digeledah, petugas pun mendapati jika dalam mobil tersebut terdapat 18 jerigen berisi solar subsidi. Diperkirakan solar tersebut sebanyak 540 liter.

Kepada petugas, Risman mengaku jika solar subsidi itu akan dibawa ke kampung halaman untuk dijual kembali seharga Rp8 ribu per 1 liter.

BacaDalam Dua Minggu, Timbun 2.600 Liter Biosolar, Didapat dari SPBU Siantar

BacaRicuh Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Teriak Copot Kapolres Siantar

Kasat Reskrim Polres Siantar AKP Banuara Manurung membenarkan penangkapan itu. Atas perbuatannya, Risman Nainggolan dijerat Pasal 55 subsider Pasal 53 huruf (c) junto Pasal 23 Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Halaman Selanjutnya >>>

Bagi Anda Pedagang Minyak Eceran, Harus Tahu Ini!

Share this: