Perumda Tirtauli Ikuti Workshop Pengelolaan Limbah Domestik Kota Siantar

Share this:
BMG
Perumda Tirtauli mengikuti kegiatan Workshop Pengelolaan Limbah Domestik Kota Pematang Siantar yang diselenggarakan USAID IUWASH Tangguh, Selasa (28/2/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Perumda Tirtauli mengikuti kegiatan Workshop Pengelolaan Limbah Domestik Kota Pematang Siantar yang diselenggarakan USAID IUWASH Tangguh, Selasa (28/2/2023).

Workshop dihadiri jajaran Direksi Perumda Tirtauli bersama Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pematang Siantar.

Kegiatan itu menjadi sarana penting bagi Perumda Tirtauli serta seluruh OPD yang terkait dengan pengelolaan air limbah domestik di Kota Pematang Siantar, untuk memahami pengelolaan air limbah domestik perkotaan sesuai regulasi, serta untuk mendapatkan gambaran mengenai bentuk kesepakatan yang dapat dijalankan oleh Perumda air minum dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dalam mengelola air limbah domestik perkotaan.

Bentuk kesepakatan dimaksud dapat berupa kerjasama dalam sistem billing, pengelola, dan operator yang didetailkan tugas dan fungsinya, serta skema lain yang dapat diimplementasikan di Kota Pematang Siantar.

Adapun USAID IUWASH Tangguh adalah kegiatan lima tahun untuk memajukan tujuan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses ke air minum, Water Sanitasi dan Higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat ketahanan iklim layanan air minum dan sanitasi dan pengelolaan sumber daya air.

Dalam kemitraan yang erat dengan Pemerintah Indonesia, USAID IUWASH Tangguh mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk memastikan akses ke air dan sanitasi untuk semua (SDG 6) dan untuk membuat kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan (SDG 11).

Sebelumnya, Kamis (23/2/2023) lalu, USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara juga melaksanakan kegiatan Pengenalan dan Pelatihan Sistem Informasi Sumber Daya Air dengan Water kepada PDAM dan OPD dampingan USAID IUWASH Tangguh di Sumatera Utara, termasuk kepada Perumda Tirtauli.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ke PDAM dan OPD terkait tentang rencana sistem informasi sumber daya air dengan mWater dan memberikan pelatihan kepada operator IT di PDAM dan OPD terkait tentang sistem informasi sumber daya air dengan mWater.

BacaKerjasama Susun RKT, Tingkatkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman

BacaOh.. Ternyata Ini Penyebab Layanan Air Bersih Perumda Tirtauli Terganggu

Zulfa Ermiza, Regional Manager USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara, dalam sambutannya di kegiatan ini menyampaikan, kegiatan terkait pengelolaan sumber daya air sudah beberapa kali dilakukan, tetapi sistem informasi baru pertama kali ini dilakukan.

Pendampingan yang dilaksanakan oleh USAID IUWASH Tangguh terkait pengelolaan sumber daya air, berarti bahwa program tidak hanya berfokus di hilir dengan pengelolaan air minum atau pun sanitasi, tetapi juga di hulu karena perlu memikirkan sumber air baku.

Di kegiatan ini dipaparkan bahwa pengelolaan sumber daya air mengacu pada lima pilar, yaitu Konservasi Sumber Daya Air, Pendayagunaan Sumber Daya Air, Pengendalian Daya Rusak Air, Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA), dan Peran Serta Masyarakat dan Swasta.

Konsep ketahanan air sendiri tidak hanya mencakup tentang ketersediaan air tetapi juga upaya mendapatkan air, keamanan dari daya rusak air, dan penyediaan air yang berkelanjutan.

BacaPelarian Ade Ray, Tahanan yang kabur dari Polsek Perdagangan, Kandas di Taput

BacaTangis Janda Korban Pembunuhan ‘Ende Sirait Sakkilik’: Hukum Pelaku Seberat-beratnya, Kalau Bisa Vonis Mati!

Dengan demikian adalah perlu untuk memastikan bahwa informasi dan data sumber daya air yang relevan tersedia untuk umum, termasuk produksi dari mata air dan statistik penggunaan air, yang pada akhirnya berujung pada terjaminnya ketersediaan akses air minum aman bagi masyarakat.

Share this: