Susanti Sebut Kondisi Makro Ekonomi Siantar Membaik, Bahkan Melebihi Target, Cuma Inflasi..

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani memaparkan kondisi makro ekonomi Kota Pematang Siantar dalam dua tahun terakhir, pada Rapat Paripurna DPRD Kota Pematang Siantar memeringati Hari Jadi ke-152 Kota Pematang Siantar, di Ruang Harungguan DPRD, Selasa (02/05/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Timbul Bilang Kita Tidak Dapat Jalan Sendiri-sendiri

Sedangkan, beberapa penghargaan yang telah diperoleh antara lain, Penghargaan Siddhakarya atas kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dalam memotivasi dunia usaha dan UMKM yang mengedepankan prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, kualitas, dan ramah lingkungan.

Selain itu, Pemko Pematang Siantar masuk tiga besar dalam Penilaian Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) atas inovasi yang dilakukan dalam pengelolaan pajak.

Kemudian, baru-baru ini Perumda Tirta Uli Pematang Siantar menerima BUMD Awards atas pengelolaan BUMD.

“Pada kerja kita membangun BUMD yang unggul dan penyediaan air bersih dan berkualitas,” sebutnya.

Ditambah beragam penghargaan lain di bidang pendidikan, kesehatan, dan lainnya yang semuanya dijadikan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi.

Sebelumnya, di awal sambutannya, Susanti mengatakan seiring perjalanan panjang yang telah dilalui selama 152 tahun, Kota Pematang Siantar mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun sosial, ekonomi, dan budaya.

Susanti menyadari masyarakat Kota Pematang Siantar menaruh harapan besar kepada penyelenggara pemerintahan agar kota ini senantiasa mengalami perubahan-perubahan ke arah lebih baik.

Dalam kesempatan itu, dokter spesialis anak itu mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dan bekerjasama dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat Kota Pematang Siantar sebagaimana motto ‘Sapangambei Manoktok Hitei’, demi mewujudkan Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

“Semoga ke depannya kita sebagai elemen pemerintahan di Kota Pematang Siantar senantiasa mendapat keberkahan, yaitu orang-orang yang saat diberi amanah dapat menunaikan dengan sebaik-baiknya dan ketika diberi jabatan dapat menjalankannya semata demi kepentingan masyarakat,” terangnya.

Sehingga, sambungnya, kelak di bawah kepemimpinannya Kota Pematang Siantar dapat bersaing dan lebih baik dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Utara bahkan sampai tingkat nasional.

Hal ini, kata walikota perempuan pertama di Kota Pematang Siantar itu, sejalan dengan sikap dan perilaku pendiri Kota Pematang Siantar, Raja Sangnaualuh Damanik, yang tulus dan sukarela berbuat untuk masyarakat sampai akhir hayatnya.

“Hendaknya juga kita memaknai dan mampu melaksanakan falsafah Habonaron do Bona (kebenaran sebagai cikal bakal segalanya) dan bukan didorong oleh nafsu semata, serta Sapangambei Manoktok Hitei (seiring seirama menggapai tujuan,” jelas Susanti.

Susanti yakin dan percaya melalui momentum peringatan Hari Jadi ke-152 Kota Pematang Siantar tahun 2023, mengingatkan semua pihak bahwa kesejahteraan warga Kota Pematang Sianțar harus tetap diperjuangkan.

“Sebagai kota yang majemuk dan dihuni oleh berbagai suku, etnis, dan agama, kita harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi di kota yang kita cintai ini. Kebersamaan dan gotong royong tentu harus tetap kita pupuk di Kota Pematang Siantar dan tentunya kita juga harus merawat dan melestarikan budaya lokal yang ada di Tanoh Habonaron do Bona ini,” sebut Susanti.

Sebelum menutup pidatonya, Susanti berharap peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk melakukan evaluasi terhadap yang telah dilakukan dan diberikan bagi Kota Pematang Siantar ini.

“Sehingga melahirkan momentum perubahan, bukan saja demi kepentingan pribadi, keluarga, dan masyarakat tetapi juga bagi nilai-nilai budaya dan kemanusiaan. Mari kita berbenah menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik yang Insya Allah akan menghantarkan kita ke kota yang lebih bermartabat. Jauh dari segala fitnah dan adu domba dan senantiasa berprasangka baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Siantar, Timbul Marganda Lingga dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Jadi Kota Pematang Siantar bukan hanya seremonial. Namun harus mampu meneladani sifat yang dimiliki oleh Raja Sangnaualuh Damanik.

Walikota Susanti Dewayani foto bersama dengan Forkopimda, usai Rapat Paripurna DPRD Kota Pematang Siantar memeringati Hari Jadi ke-152 Kota Pematang Siantar, di Ruang Harungguan DPRD, Selasa (02/05/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Timbul mengajak agar momentum Hari Jadi Kota Pematang Siantar dijadikan refleksi terhadap jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di Kota Pematang Siantar dan tentunya pemimpin Kota Pematang Siantar harus mampu mengimplementasikan sifat dari Raja Sangnaualuh Damanik.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Pematang Siantar untuk bersatu-padu membangun kota Pematang Siantar.

“Kita tidak dapat berjalan sendiri-sendiri. Keberagaman masyarakat Kota Pematang Siantar, baik agama, etnis, dan budaya harus dijaga dengan baik dan menjadi modal dasar yang kuat kepada kita untuk mewujudkan masyarakat Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” tandasnya.

BacaWajib Baca! Segini Tarif Jasa Penitipan Kendaraan Bermotor di Taman Hewan Siantar

BacaMengawali Peringatan HUT ke-152 Kota Siantar, Walikota Susanti Santuni Anak Yatim Piatu

Hadir dalam acara itu, Kajari Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Kapolres Siantar diwakili Kompol Muri Yasnal, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar Teuku Munandar, Danrindam I/Bukit Barisan diwakili Letkol Inf Edy Heriyanto, Danrem 022/Pantai Timur diwakili Letkol CPL Bomen Situmorang, Dandenpom I/1 Pematang Siantardiwakili Mayor CPM Antonius Sembiring, plt Sekda Kota Pematang Siantar Dwi Aries Sudarto, sejumlah pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, para amat, sejumlah anggota DPRD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: