Tim Monitoring Tingkat Sumut ke Siantar Marihat, Camat Henri Purba: Harapan Bisa Juara, Seperti Tahun Lalu

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani, didampingi Camat Siantar Marihat Henri G Purba menyambut kedatangan Tim Monitoring Pelaksana Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK bagi TP PKK Kota Pematang Siantar Tahun 2023, di Kantor Camat Siantar Marihat, Jalan Melanthon Siregar, Jumat (09/06/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Walikota Siantar Susanti Dewayani menyambut langsung kedatangan Tim Monitoring Pelaksana Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK bagi TP PKK Kota Pematang Siantar Tahun 2023.

Kegiatan digelar di kantor Camat Siantar Marihat, Jalan Melanthon Siregar, Jumat (09/06/2023). Tim monitoring tersebut melakukan penilaian terhadap TP PKK Kategori IVA Test di Kecamatan Siantar Marihat.

Dalam sambutannya, Susanti mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dan seluruh jajaran pengurus TP PKK Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat datang kepada Tim Monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) atas kunjungan kerjanya di Kota Pematang Siantar.

Disampaikan, Pemko Pematang Siantar di dalam pelaksanaan 10 Program PKK akan selalu mendorong dan membantu pemberdayaan TP PKK untuk pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Masih kata Susanti, kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia dan penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti.

Tetapi kanker dapat didiagnosis secara dini. Deteksi dini kanker tidak hanya dapat menurunkan angka kematian akibat kanker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

IVA Test, lanjut Susanti adalah salah satu deteksi dini kanker serviks. IVA Test sendiri dianjurkan dilakukan kaum wanita yang berusia di atas 30 tahun, dan khususnya wanita yang sudah melakukan hubungan suami-istri, dan tes ini dapat diulang di setiap lima tahun sekali.

Dalam IVA Test, sambung Susanti, bila hasil pemeriksaan ada yang harus mendapat penanganan khusus, maka bisa langsung diberikan tindakannya.

“Oleh karena itu, kami berharap kaum wanita bisa menjaga dan memperhatikan kewanitaannya, serta mau melakukan deteksi sedini mungkin,” tukasnya.

Kepada seluruh jajaran pengurus TP PKK Kota Pematang Siantar, Susanti meminta agar menyajikan bahan yang dibutuhkan oleh Tim Monitoring PKK Provinsi Sumut terkait Lomba IVA Test.

“Harapan kami, Ibu Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara dan rombongan dapat memberikan nilai terbaik untuk Tim PKK Kota Pematang Siantar,” tambahnya.

Sebelumnya, Camat Siantar Marihat Henri G Purba menyampaikan, pihaknya telah membentuk Brimop IVA, yang bertugas memberikan penyuluhan dan pemeriksaan di rumah-rumah warga, dengan dukungan puskesmas dan Forkopimcam di Kecamatan Siantar Marihat.

Henri mengaku, masih banyak kekurangan pihaknya.

“Karenanya, nanti Tim Monitoring menyampaikan masukan atas kekurangan kami. Kami juga mengharapkan bisa meraih juara pertama seperti tahun lalu,” tandas mantan Lurah Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba itu, seraya menambahkan pihaknya siap menerima arahan dan bimbingan.

Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Pokja IV Rasfa Eliyah Ginting mengatakan, pelaksanaan monitoring PKK merupakan salah satu wujud nyata dari sistem rentang kendali yang merupakan bahagian dari sistem manajemen dalam gerakan PKK setelah pelaksanaan supervisi sebelumnya.

Tujuannya, memantau dan membina pelaksanaan terkait kemitraan PKK dengan stakeholder yang sesuai visi dan misi gerakan PKK serta mendukung kelancaran pelaksanaan 10 Program PKK, dan mendapatkan gambaran potensi dan masalah yang dihadapi.

BacaMantap! Produksi Padi di Siantar Marihat Capai 10,4 Ton per Hektare, Rahasianya Ini..

BacaMekar Nauli, Kelurahan Terbaik se-Kota Pematang Siantar

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Tim Monitoring IVA Test Provinsi Sumut dr Netty Amansyah, mengatakan, kegiatan pembinaan monitoring ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebagai bentuk dan tanggung jawab seluruh jenjang melalui 10 Program Pokok PKK.

“Teruntuk itu penting saya tekankan, perkembangan kegiatan PKK di seluruh jenjang harus tetap terlaksana sesuai dengan metode,” tukasnya.

“Bersama kita kerja, bersama kita berprestasi, gerakan PKK harus nyata agar di tengah-tengah masyarakat, keluarga, dan para kader PKK juga harus bisa merasakan manfaat gerakan PKK ini. Sehingga PKK bisa tumbuh dan berkembang secara baik dan punya prestasi, karena kader-kader ceria, cerdik, dan cekatan demi PKK Gemilang. Kita harus bangga dan bahagia akan kegiatan PKK yang kita laksanakan agar hasil yang dicapai sesuai dengan hal yang direncanakan,” katanya lagi, seraya menambahkan, tahun ini kegiatan monitoring dilaksanakan di desa dan kelurahan, sebagai pelaksana terbaik kegiatan PKK.

BacaEmpat Camat Pilihan Walikota Susanti, Siapa Saja Mereka?

BacaWalikota Susanti Sambut Kepulangan Jon Setiawan Saragih, Petarung One Pride MMA yang Berlaga di AS

Tampak hadir, Forkopimcam Siantar Marihat, pimpinan OPD terkait, pimpinan perbankan, lurah, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Marihat Ny Fitri Henri Purba beserta jajarannya, serta kader IVA Test Kecamatan Siantar Marihat.

Share this: