Dua Tahanan Lapas Narkotika Raya yang Kabur Itu Terekam CCTV

Share this:
FERRY SIHOMBING-BMG
Kantor Lapas Narkotika Pematang Raya. Foto ini diabadikan, Selasa (26/11/2019).

RAYA, BENTENGSIANTAR.com– Dua tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Pematang Raya belum ditemukan. Pengejaran masih terus dilakukan. Namun, sebelum melarikan diri, kedua tahanan kasus penyalahgunaan narkotika itu, Darwis (42) dan Rona (23), sempat terekam kamera pengintai atau CCTV.

“Kita putar CCTV dan (aksi kedua tahanan) terekam,” kata KPLP Lapas Narkotika Pematang Raya Sinarta Tarigan, Selasa (26/11/2019).

Sinarta mengungkapkan, kaburnya kedua tahanan itu terungkap saat hendak apel, Minggu (24/11/2019) sekira pukul 17.45 WIB. “Saat apel untuk ganti penjaga siang ke malam, ada dua tahanan yang tidak ada,” ucapnya.

Sinarta melanjutkan, kedua tahanan itu berasal dari kamar 17 dan 19 Blok Suharjo. “Beberapa kali (tahanan) dibariskan, kedua tahanan itu tetap tidak ada,” jelasnya.

BacaLompat Tembok, Dua Tahanan Lapas Narkotika Raya Kabur

Sesuai hasil penyelidikan mereka, jelas Sinarta, kedua tahanan kabur setelah terlebih dahulu memanjat tiang menara air. “Jarak tiang dan tembok itu cukup dekat. Sekitar 1,5 meter. Kemudian, mereka menuju ke tembok belakang,” bebernya.

Ditanya apakah kedua tahanan kabur dengan menggunakan alat bantuan, Sinarta tidak membenarkannya. “Kayaknya nggak ada,” ucapnya.

Sinarta pun menegaskan, penjagaan saat itu lengkap. “Petugasnya 8 orang 1 regu. Itu jaga siang,” ujarnya.

BacaDua Napi Lapas Siantar Kabur, Satu Ditangkap di Ajibata, Satu Lagi Buron

Sinarta merinci, Darwis merupakan titipan dari Lapas Tanjung Gusta Medan, sedangkan Rona dari Lapas Pancur Batu Deliserdang.

“Kedua tahanan itu masing-masing dihukum 5 tahun penjara,” terangnya.

Hingga kini, tambah Sinarta, pihaknya bersama Polres Simalungun masih berupaya mencari tahu keberadaan kedua tahanan itu.

Share this: