Rumah Penduduk Disemprot Disinfektan, Kesehatan Warga Dicek, Diberi Vitamin C

Share this:
BMG
Petugas medis dari Dinas Kesehatan Simalungun menyerahkan vitamin C kepada masyarakat di Huta IV, Nagori Bandar Siantar, Kecamatan Gunung Malela, Minggu (5/4/2020). 

Gerak Cepat Pencegahan Virus Corona di Simalungun

GUNUNG MALELA, BENTENGSIANTAR.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab Simalungun) melalui Dinas Kesehatan melakukan gerak cepat terhadap pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Prioritas pencegahan dilakukan di wilayah yang belakangan diketahui ada penduduknya positif terpapar virus corona.

Pada Minggu (5/4/2020), Tim Medis dari Dinas Kesehatan Simalungun turun ke Huta IV, Nagori Bandar Siantar, Kecamatan Gunung Malela. Di sana, tim medis bekerja sama dengan Forkopimcam melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas umum, perkantoran, dan rumah-rumah penduduk.

Setelah itu, Dinas Kesehatan Simalungun melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat melalui rapid test dan memberikan vitamin C dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat.

“Langkah cepat ini kita lakukan guna mengetahui perkembangan coronavirus disease (Covid-19),” kata Andi Pasaribu, Camat Gunung Malela.

Andi Pasaribu menuturkan, saat pelayanan kesehatan berlangsung, pihak Dinas Kesehatan tetap menerapkan social distancing (jaga jarak) baik antar petugas dan juga dengan masyarakat. Petugas memanggil satu per satu-satu warga ke meja pendaftaran dan selanjutnya menuju pemeriksaan oleh tim medis.

BacaTiga Orang Positif Corona di Simalungun, Satu Menantu PDP yang Meninggal

Camat Gunung Malela menyampaikan bahwa dalam rangka pencegahan Covid-19, pihaknya bekerja sama dengan seluruh Forkopimcam, pangulu, dan petugas medis dari puskesmas Gunung Malela.

“Penyemprotan disinfektan kami lakukan secara bertahap sampai ke rumah-rumah warga sekaligus menyampaikan imbauan tentang pencagahan Covid-19 dan pola hidup sehat,” ujar Andi.

Masyarakat mengantre untuk pemeriksaan kesehatan di Huta IV, Nagori Bandar Siantar, Kecamatan Gunung Malela, Minggu (5/4/2020).

Terpisah, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun Wasin Sinaga menyampaikan, dalam gerak cepat pencegahan Covid 19, Pemkab Simalungun telah melakukan berbagai kegiatan mulai dari penyemprotan disinfektan, pemeriksaan kesehatan dan pembagian vitamin C kepada warga. Disamping itu, Wasin mengatakan, pihaknya juga menyampaikan imbauan lewat selebaran agar masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap stay at home, menjaga pola hidup sehat.

“Kegiatan-kegiatan ini akan terus dilakukan bersama seluruh elemen masyarakat untuk pencegahan Covid-19, dengan harapan virus ini dapat kita cegah perkembangannya di Kabupaten Simalungun,” kata Wasin.

BacaBaru Pulang dari Jakarta, Dikubur Pakai Protokol Pemakaman Covid-19

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Gunung Malela Andi Pasaribu, Kapolsek Bangun AKP B Manurung, Kepala Puskesmas Bandar Siantar dr Saswati, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Pangulu Bandar Siantar, dan aparatnya beserta masyarakat.

Share this: