Benteng Siantar

Latsitarda Nusantara, Sarana Membangun Sinergi TNI, Polri dan Masyarakat

Komandan Jenderal Akademi TNI Marsekal Madya Tamsil Malik saat disambut Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka, di Simalungun City Hotel, Kompleks Griya Hapoltakan, Kamis lalu.

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI 2021 merupakan sebuah momentum untuk membangun sinergi TNI, Polri dan masyarakat.

Latsitarda Nusantara menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integrasi para taruna dan mahasiswa.

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka menjelaskan, Latsitarda 2021 memiliki makna yang sangat penting di tengah penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Latsitarda diharapkan membantu mengurangi kesulitan rakyat, termasuk akibat pandemi.

“Saat ini, sangat dibutuhkan semangat sinergi dan kerjasama menuju Indonesia bangkit dan melaksanakan pembangunan nasional,” ujarnya.

Roly menyampaikan, tantangan yang akan dihadapi para taruna dan taruni serta mahasiswa nanti akan terus berubah dan kompleksitas tantangan akan terus meningkat.

BacaDanjen Akademi TNI Kerahkan 194 Taruna dan Taruni ke Simalungun, Tujuannya Ini..

BacaHari Kedua Latsitarda di Simalungun, Dandim Tinjau Pekerjaan 194 Taruna

Oleh sebab itu, dibutuhkan perwira TNI-Polri dan generasi penerus bangsa yang tangguh, mampu beradaptasi serta memanfaatkan kemajuan yang ada.

“Latsitarda harus benar-benar dimanfaatkan untuk menimba pengalaman, menjalin komunikasi personel dan membangun kerjasama dengan sebaik-baiknya,” ucap Roly.

Bersambung ke halaman 2..

Masih kata Roly, Latsitarda ini juga merupakan pendidikan tahap akhir sebelum para taruna dan taruni dinyatakan lulus serta dilantik menjadi perwira.

Roly pun berharap, para taruna dan taruni melaksanakan tugas dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Kemudian, memahami dan menghayati semangat persatuan serta kesatuan yang tercermin dalam sinergi dan kerjasama antar komponen bangsa.

“Patuhi dan taati semua ketentuan yang berlaku, termasuk protokol kesehatan dalam melaksanakan semua kegiatan,” pungkas Roly.

BacaLatsitarda Nusantara XLI 2021, Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

BacaBakti Sosial Latsitarda XLI di Simalungun, Tak Hanya Bagi Masker, Sembako Juga

Sekadar diketahui, saat ini, 194 taruna dan taruni sedang menjalankan program Latsitarda Nusantara XLI di Kabupaten Simalungun. Para taruna dan taruni membantu masyarakat dalam pembangunan jalan, bedah rumah, dan bakti sosial.

Selain itu, para taruna dan taruni juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, belajar tentang UMKM dari masyarakat, promosi pariwisata Danau Toba, dan sosialiasi tentang Akademi TNI dan Akpol kepada pelajar.