TBM di PTPN IV Unit Balimbingan Sesak Semak Belukar, Anggaran Perawatan ke Mana?

Share this:
RICHARDO GULTOM-BMG
Potrait TBM di PTPN IV Unit Balimbingan tampak sesak semak belukar. Foto diabadikan, Kamis (13/4/2023).

TANAH JAWA, BENTENGSIANTAR.com– Tanaman belum menghasilkan di areal perkebunan kelapa sawit milik PTPN IV Unit Balimbingan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, tampak sesak semak belukar. Melihat kondisi riil di lapangan terkesan kalau areal kebun sangat minim perawatan.

Padahal, perawatan sejak dini terhadap tanaman belum menghasilkan (TBM) menjadi salahsatu aspek penting untuk diperhatikan agar kelak kelapa sawit membuahkan hasil maksimal.

Adapun perawatan seperti pendaringan, penyiangan, penyulaman, pemupukan, dan pemberantasan hama dan penyakit, wajib dilakukan agar pertumbuhan tanaman kelapa sawit sehat dan normal.

Namun hal itu terkesan tidak dilakukan oleh pihak manajemen PTPN IV Unit Balimbingan. Terutama terhadap TBM yang ada di areal Afdeling 2 Kebun Unit Balimbingan.

Dari pantauan BENTENG SIANTAR, TBM milik milik PTPN IV itu terlihat terserang hama penyakit. Areanya sesak semak belukar, seperti jenis kayu-kayuan dan pisang hutan.

Serangan hama dan penyakit tersebut tampak melalui gejala-gejala fisik yang timbul pada tanaman. Sehingga, jika tidak segera dikendalikan, maka dapat mengakibatkan rendahnya perkembangan dan produktivitas kelapa sawit.

BacaProtes Penertiban Bangunan Liar di Pinggiran Kebun PTPN IV Unit Marihat: Terkesan Pandang Bulu

BacaKondisi Tanaman Sawit PTPN IV Unit Bah Jambi Memprihatinkan: Daun Rusak, Sesak Semak Belukar

Salahseorang warga sekitar yang kebetulan sedang mencari rumput untuk sapi di areal itu bilang; ”Kami rutin mencari rumput di kebun sini bang, mengingat di kebun ini banyak tumbuh rumput liar yang kebetulan disukai ternak kami.”

“Memang sudah sejak lama kebun kelapa sawit kecil ini semak. Apalagi jenis pohon pisang hutan inikan paling disukai sapi,” kata warga yang enggan menyebutkan namanya itu.

BacaManager PTPN IV Unit Marihat Berdalih Penertiban Bangunan Liar Dilakukan Bertahap

BacaTanaman Sawit PTPN IV Tidak Terawat, Lokasi di Afdeling IV Unit Dolok Sinumbah

Sementara, Manajer Kebun Unit Balimbingan, Aulia, ketika dikonfirmasi terkait kondisi TBM yang sesak semak belukar, belum memberi respon. Upaya konfirmasi yang dikirim via WhatsApp, tidak dibalas.

Share this: