Ngeri! Serangan Hama Tikus Parah di Mariah Hombang, Setengah Hektare Cuma Dapat 5 Karung

Share this:
Para petani padi di Nagori Mariah Hombang, Kecamatan Huta Bayu Raja, Simalungun, bersiap melakukan perburuan tikus, Senin (25/09/2023).

HUTA BAYU, BENTENGSIANTAR.com– Bayangan akan ada panen raya padi seluas 200 haktare di Nagori Mariah Hombang, Kecamatan Huta Bayu Raja, Simalungun, pada Agustus-September 2023, dengan perkiraan produksi 1.000 ton gabah kering giling (GKG) atau setara beras kurang lebih 600 ton.

Ternyata, yang terjadi sesuatu yang diharapkan tidak sesuai dengan apa yang diekspetasikan. Panen padi gagal total di Nagori Mariah Hombang.

Biasanya, mereka bisa dapat rata-rata 40 karung atau 2,5 ton padi untuk setiap setengah hektare. Yang terjadi belakangan, mereka hanya dapat 5 karung atau cuma 300 kg.

Artinya, ada penyusutan produksi sekitar 880 ton atau berkisar 90 persen.

Apa pemicunya? Salah satunya adalah serangan hama tikus. Akibatnya, 200 ha lahan sawah mengalami gagal panen.

Diketahui, 200 ha lahan sawah di Nagori Mariah Hombang, tersebar di tiga dusun; Dusun IV Lumban Lintong, Dusun III Hombang Mariah, dan Dusun I Toba Raja Hombang.

Melihat penderitaan para petani, Pangulu Nagori Mendra Siregar berinisiatif menggalakkan kembali berburu tikus, kegiatan dulu pernah eksis tapi absen selama tiga musim tanam terakhir.

Baca‘Tangkap Lepas’ ‘Begundal Narkoba’ di Huta Bayu Raja: Sappulu Juta Ma Halaki Na Opat

BacaAda Indikasi Main Mata di Balik Kelangkaan Pupuk Subsidi di Huta Bayu Raja, Bupati Radiapoh Harus Tahu Ini!

Mendra pun mengumpulkan para petani dan mengajak mereka melakukan perburuan tikus. Kemudian mengikutsertakan pegawai dari UPTD Pertanian Resma Sirait untuk ambil bagian melakukan sosialisasi pola tertib tanam serentak.

Mendra meyakini, melakukan perburuan tikus sebelum memasuki masa tanam dan menerapkan pola tertib tanam serentak adalah salahsatu strategi untuk menekan kerugian petani akibat serangan hama tikus.

BacaTitah RHS Tak Laku di Huta Bayu Raja, Pungli Masih Ada, Korban Guru PTT

BacaFoto-foto Ini Ungkap Indikasi Penyimpangan Proyek Rabat Beton di Bahal Batu Huta Bayu Raja

Dan, pada Senin (25/09/2023) lalu, bersama Camat Huta Bayu Raja, Ferry Risdonni Sinaga dan Resma Sirait dari UPTD Pertanian, Pangulu Mendra Siregar ikut serta dengan para petani melakukan perburuan tikus di areal persawahan Mariah Hombang.

“Semoga dengan kegiatan ini kedepannya hasil panen petani padi lebih baik,” ujar Mendra.

Share this: