Dugaan Suap Proyek Rp50 Miliar di Balik Viral Isu Penyekapan Kadis Pendidikan Simalungun

Share this:
BMG
Ilustrasi dugaan suap proyek pada di Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun.

SIMALUNGUN, BENTENGSIANTAR.com– Dugaan suap proyek menyeruak di balik isu penyekapan Kepala Dinas Pendidikan Simalungun Zocson Silalahi yang viral itu.

Zocson diduga telah menerima fee sebesar Rp2,4 miliar, lewat iparnya Dassa Sinaga, atas proyek pengadaan alat praktik dan peraga siswa pada Dinas Pendidikan Simalungun, Tahun Anggaran 2022, dengan total pagu anggaran kurang lebih Rp50 miliar.

Tapi belakangan, ‘kesepakatan’ atas proyek itu dibatalkan secara sepihak. Tindakan itulah yang diduga kuat sebagai pemicu amarah pihak swasta, yang viral disebut-sebut Nande Sitepu itu. Sementara, Zocson berkali-kali dimintai penjelasan alasan pembatalan kesepakatan, lebih banyak menghindar.

Sampailah akhirnya terjadi pertemuan antara pihak Nande Sitepu dengan Zocson Silalahi di Kantor Dinas Pendidikan Simalungun, Pamatang Raya, pada Rabu 18 Mei 2022.

Dalam pertemuan itu, pihak Nande Sitepu kembali mempertanyakan kepastian atas proyek pengadaan alat praktik dan peraga siswa itu, atau mengembalikan uang pihak pengusaha sebesar Rp2,4 miliar.

BacaAPH Diminta Turun ke SMPN 1 Hutabayu Raja: Tebus Ijazah Rp60 Ribu, Seragam Batik Rp140 Ribu

BacaAda Disebut MK2S di Balik Kontroversi Jual Beli Seragam Batik SMP Simalungun

Namun, tidak ada titik temu. Lalu pada sore harinya, Sekda Simalungun Esron Sinaga memanggil Kepala Dinas Zocson Silalahi dan Sekretaris Dinas Parsaulian Sinaga, dan mengundang pihak pengusaha ke rumah pribadinya di Kota Pematangsiantar.

Tapi, lagi-lagi tidak ada titik temu.

Halaman Selanjutnya >>>

Campur Tangan Penguasa Lebih Tinggi dari Sekda

Share this: