Ziarah ke Makam alm Djabanten Damanik, Radiapoh: Beliau Pejuang Simalungun, Tokoh Otonomi Daerah

Share this:
BMG
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga foto bersama dengan keluarga besar alm Djabanten Damanik dan warga Sipolha Horisan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Selasa (24/5/2022).

PAMATANG SIDAMANIK, BENTENGSIANTAR.com– Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ziarah ke makam alm DR (HC) Drs Djabanten Damanik di Lingkungan III, Kelurahan Sipolha Horisan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Selasa (24/5/2022).

Kedatangan Bupati Simalungun disambut keluarga besar alm Djabanten Damanik bersama Camat Pamatang Sidamanik Iqbal, penatua adat, dan Lurah Sipolha Horisan serta masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peletakan batu pertama perbaikan makam mantan Bupati Simalungun periode 1990-2000 itu.

Dalam sambutannya, Radiapoh menyampaikan bahwa bangsa besar adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa para pahlawannya. Dia mengungkapkan, sudah lama ingin datang ke Sipolha Horisan untuk melihat makam salahsatu pejuang Simalungun, seorang tokoh pejuang otonomi daerah, yaitu Djabanten Damanik.

“Hari ini, kita hadir di sini untuk memperbaiki makamnya. Dengan kita merawat dan menjaga makam ini, sebenarnya kita ikut merawat apa yang menjadi cita-cita pahlawan kita, mantan Bupati Simalungun Djabanten Damanik,” kata Radiapoh.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ziarah ke makam alm DR (HC) Drs Djabanten Damanik, di Lingkungan III, Kelurahan Sipolha Horisan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Selasa (24/5/2022).

BacaKetika Bung Karno Menantang Para Insinyur Peneliti ITB Membuat Batu Jadi Baju

BacaRadiapoh Ingin Punya Pasar Induk: Hampir 70 Persen Pedagang di Parlu Itu Orang Simalungun

Di sisi lain, Radiapoh melihat ada banyak potensi wisata di Kelurahan Sipolha itu. Dan merupakan tugas bersama untuk mengembangkan potensi-potensi wisata tersebut.

“Salah satunya tentu saja dengan promosi yang kita lakukan, semisal ada papan petunjuk jalan yang bertuliskan Makam Pahlawan Otonomi Daerah Mantan Bupati Simalungun DR (HC) Drs Djabanten Damanik. Ada petunjuk arahnya yang memudahkan wisatawan datang kemari,” tutur Radiapoh.

Masih kata Radiapoh, selain bisa mengunjungi makam mantan Bupati Simalungun itu, pengunjung juga dapat menikmati panorama pemandangan indah Sipolha.

“Ini tidak bisa dilakukan pemerintahan saja, kita harus bersama-sama membangun kampung halaman kita ini,” kata Radiapoh yang pada saat itu didampingi Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peletakan batu pertama perbaikan makam alm DR (HC) Drs Djabanten Damanik, di Lingkungan III, Kelurahan Sipolha Horisan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Selasa (24/5/2022).

BacaTahukah Kamu Siapa Perdana Menteri Indonesia Pertama?

BacaKPK Sebut Simalungun Paling Bermasalah, Bupati Radiapoh: Ini Cambuk, Kita Malu..

Pada kesempatan itu, Radiapoh juga menyinggung soal ketersediaan pupuk bersubsidi. Menurut dia, kelangkaan pupuk bukan hanya terjadi di Kelurahan Sipolha Horisan, tapi hampir di seluruh Kabupaten Simalungun.

“Pemerintah sudah berupaya dan akan terus melakukan langkah-langkah dalam menangani persoalan pupuk ini,” kata Radiapoh.

Sekadar diketahui, kedatangan Bupati Simalungun disambut keluarga besar alm Djabanten Damanik bersama Camat Pamatang Sidamanik Iqbal, penatua adat, dan Lurah Sipolha Horisan serta masyarakat.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan ramah tamah dengan warga di sela-sela acara peletakan batu pertama perbaikan makam alm DR (HC) Drs Djabanten Damanik, di Lingkungan III, Kelurahan Sipolha Horisan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Selasa (24/5/2022).

BacaDelapan Pejabat Simalungun ‘Bekas Anak Buah’ JR Saragih Dipakai RHS Lagi

BacaSamuel Simangunsong, Lulus Uji Kompetensi di Simalungun, Tapi Tidak Ikut Dilantik

Mewakili keluarga besar alm Djabanten, Hotman Damanik menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintahan Kabupaten Simalungun. Hotman mengatakan, Radiapoh Hasiholan Sinaga merupakan berkat bagi keluarga alm Djabanten Damanik atas apa yang diberikan.

“Apa yang diberikan semoga memberikan banyak manfaat. Semoga Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diberi kekuatan dan keberkahan dalam memimpin Kabupaten Simalungun untuk mewujudkan visi misinya,” ucap Hotman.

Share this: