Parah, Tankos Sawit Berserakan di Parit Isolasi Areal PTPN IV Unit Kebun Marihat

Share this:
RICHARDO GULTOM-BMG
Tankos kelapa sawit tampak berserakan di parit isolasi areal PTPN IV Unit Kebun Marihat. Foto diabadikan belum lama ini.

TANAH JAWA, BENTENGSIANTAR.com– Tankos sawit tampak berserakan di areal perkebunan PTPN IV Unit Kebun Marihat, Kabupaten Simalungun. Tandan kosong yang seharusnya dihampar mengelilingi tanaman sawit belum menghasilkan atau sering disebut (TBM) justru menumpuk di tepi jalan dan parit isolasi perkebunan kelapa sawit milik BUMN tersebut.

Pantauan BENTENG SIANTAR, tumpukan tankos sawit itu terdapat di Afdeling V dan VI Unit Kebun Marihat. Bahkan, lokasi tankos yang berserakan itu berada tidak jauh dari Kantor Afdeling VI.

Sementara lokasi di Afdeling V, berada di salah satu blok kebun lewat tangkahan atau sungai yang berada di lokasi Afdeling V kebun Marihat.

Informasi warga sekitar mengatakan, pembongkaran tankos di tepi jalan dan parit isolasi Afdeling V dan VI Unit Kebun Marihat, sudah berlangsung sejak lama.

“Bahkan dibiarkan sampai membusuk, sehingga sering menjadi incaran ibu-ibu yang ingin mencari jamur,” kata salahseorang warga yang kebetulan mencari jamur di lokasi itu, Senin (4/12/2023).

Tankos sawit terpantau berserak di parit isolasi perkebunan PTPN IV Unit Marihat. Foto diabadikan baru-baru ini.

BacaProtes Penertiban Bangunan Liar di Pinggiran Kebun PTPN IV Unit Marihat: Terkesan Pandang Bulu

BacaTBM di PTPN IV Unit Balimbingan Sesak Semak Belukar, Anggaran Perawatan ke Mana?

Dikonfirmasi terpisah Asisten Kepala bermarga Peranginangin, berjanji segera menindaklanjuti terkait keberadaan tankos yang berserakan di tepi jalan dan parit isolasi perkebunan kelapa sawit.

“Mauliate (terima kasih, red) informasinya, pak. Segera ditindaklanjuti,” tulis Peranginangin, melalui pesan WhatsApp.

Sementara itu, Manajer Kebun Marihat, Feri Nasution, sama sekali tidak merespon informasi mengenai tankos yang berserakan di tepi jalan dan parit isolasi.

Tankos sawit terlihat dibiarkan menumpuk di tepi jalan areal perkebunan PTPN IV Unit Marihat, belum lama ini.

BacaUnderplanting Sawit di PTPN IV Unit Tonduhan Tuai Sorotan

BacaManager PTPN IV Unit Marihat Berdalih Penertiban Bangunan Liar Dilakukan Bertahap

Demikian halnya Asisten Afdeling V Kebun Marihat, Mukhlis Yunaidi dan Asisten Afdeling VI, belum memberikan tanggapan. Ketika awak media mendatangi kantornya, Asisten Afdeling V dan Afdeling VI tidak sedang berada di tempat.

Untuk diketahui, tankos sawit dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik, memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman, khususnya tanaman kelapa sawit.

Share this: