Tak Pernah Bercita-cita Jadi Dokter Apalagi Walikota, Susanti Kecil Ingin Menjadi Petani

Share this:
BMG
Walikota Siantar Susanti Dewayani saat menanam padi di areal persawahan, Jalan Bahkora II Bawah, Huta Nainggolan, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Siantar Marihat, Jumat (25/11/2022) pagi.

Manfaat dan Fungsi Kartu E-Tani

Diketahui, sektor pertanian di Kota Pematang Siantar memiliki potensi yang cukup besar dengan luas lahan sawah 1.314,5 Ha serta didukung sumber daya alam yang memadai, yang akan dimanfaatkan secara optimal.

“Kita akan memacu peningkatan Indeks Pertanaman, terutama di kecamatan yang potensial untuk ditanami padi, seperti Siantar Marimbun, Siantar Marihat, Siantar Martoba dan, Kecamatan Siantar Sitalasari. Mari terus kita tingkatkan produksi guna mencapai swasembada pangan di Kota Pematang Siantar,” ajak Susanti.

Susanti menambahkan, kartu E-Tani kepada kelompok tani yang ada di Kota Pematang Siantar. Kartu tani, sambungnya, merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman, hingga kartu subsidi yang berfungsi untuk kepastian ketersediaan pupuk bersubsidi, kemudahan penjualan hasil panen, dan kemudahan akses pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pemerintah Kota Pematang Siantar senantiasa mendukung berbagai kegiatan masyarakat yang memberikan dampak positif. Kami juga mengajak para petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gapoktan agar bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mendukung program program Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat,” tukasnya.

Dengan adanya kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi antara Pemko Pematang Siantar dengan berbagai stakeholder, termasuk kelompok tani dan gapoktan, maka akan mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju.

Selanjutnya, Susanti bersama Forkopimda dan pihak perbankan menyerahkan bantuan benih unggul padi secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani. Kemudian penyerahan kartu E-Tani kepada perwakilan petani.

Dilanjutkan penanaman langsung bibit padi di petakan sawah yang sudah disediakan.

Amatan media, kegiatan tanam padi di areal persawahan yang berada di Jalan Bahkora II Bawah, sebagai rangkaian acara Penyerahan Bantuan Benih Padi Unggul dan Kartu E-Tani.

BacaAda Yang Janggal di Proyek Kantor Lurah Naga Pitu, Beda Data Lain Fakta Lapangan

BacaSatgasus Tipikor Polri Turun ke Sumut, KP3 Diingatkan Awasi Distribusi Pupuk Subsidi!

Tampak hadir, Dandim 022/Pantai Timur diwakili Kasdim Mayor Inf Margana, perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar, Kapolres Pematang Siantar diwakili AKP Robert Purba, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar Abdul Haris, Pimpinan BNI Pematang Siantar Reza Syaputra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan SE MM, Unsur Forkopimcam Siantar Marihat, Camat Siantar Marihat Henri Gunawan Purba, serta para lurah se-Kecamatan Siantar Marihat.

Halaman Selanjutnya >>>

Varietas ‘Inpari 32’, Potensi Hasil 8,43 Ton per Hektare

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: