Benteng Siantar

Paten! Kini, Siantar Punya Kampung Tenun Ulos, Lokasinya di Sini..

Walikota Siantar Susanti Dewayani, didampingi Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting meninjau alat tenun Ulos listrik di Kampung Tenun Ulos Siantar, pada perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023, di Jalan Aries 1 No 51, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

SIANTAR, BENTENGSIANTAR.com– Kini, Kota Pematang Siantar memiliki Kampung Tenun Ulos. Walikota Susanti Dewayani langsung yang meresmikan bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting. Lokasi peresmian di Jalan Aries 1 No 51 Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

Peresmian itu sekaligus perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023.

Mengawali sambutannya, Susanti mengucapkan terima kasih kepada PT PLN (Persero) atas dukungan dan support dalam peresmian Kampung Tenun Ulos Siantar. Sebab PT PLN telah memberikan bantuan alat tenun yang menggunakan daya listrik.

“Ini menunjukkan bukti konkret adanya kolaborasi atau kerjasama antara pihak BUMN atau swasta dengan Pemko Pematang Siantar, yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian di Kota Pematang Sianțar,” sebut Susanti.

Menurut Susanti, Indonesia kaya akan budaya dan warisan leluhur. Salah satunya Ulos yang patut dilestarikan.

“Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Ulos Nasional yang jatuh pada 17 Oktober 2023, peresmian Kampung Ulos dilakukan diwakili Kelurahan Bah Kapul. Serta ada beberapa titik lagi yang kita canangkan sebagai Kampung Ulos,” katanya.

Kampung Ulos, lanjut Susanti, memiliki 2.300 pengrajin tenun Ulos yang bergabung dalam satu koperasi. Sehingga, tingkat kepercayaan masyarakat pengguna tenun Ulos akan semakin baik. Dan mudah-mudahan juga semakin meningkat dari segi kualitas dan kuantitas.

BacaJokowi Minta Infrastruktur Danau Toba Digarap Ramai-Ramai

BacaLihat Cantiknya Istri Djarot Saiful Hidayat dalam Balutan Ulos Batak

Susanti juga mengutarakan beberapa hal yang bisa diambil dari keberadaan Kampung Tenun Ulos Siantar. Di antaranya, lokasi tersebut akan menjadi pusat pengembangan tenun Ulos, khususnya di Kota Pematang Siantar.

“Di lokasi ini nantinya akan ada inovasi-inovasi dalam motif dan produk turunannya,” sebut Susanti.

Halaman Selanjutnya >>>

Kepada pengurus Koperasi Ulos Siantar Sejahtera periode 2023-2026 yang baru dilantik, Susanti mengatakan para pengurus merupakan orang-orang yang dipercaya dalam mengemban amanah dan mengembangkan tenun Ulos di Kota Pematang Siantar.

“Di era saat ini, di tengah kemajuan teknologi, suatu promosi usaha harus dibarengi dengan pemakaian aplikasi,” tukasnya.

BacaAnggunnya Kahiyang Ayu dan Susanti dalam Busana Pakaian Adat Simalungun

BacaKeren Kali Ah… Sandiaga Pakai Baju Adat Batak di Gala Dinner ASEAN Business Awards

Susanti berharap Kampung Tenun Ulos Siantar menjadi Kampung Wisata dalam mengembangkan tenun Ulos, yang bisa mendongkrak dan membantu sektor pariwisata di Kota Pematang Siantar.

“Tentunya, masih banyak yang harus kita benahi. Mulai dari infrastruktur dan SDM, serta hal lainnya. Sehingga diharapkan support dari instansi vertikal, para perbankan, bagaimana tenun Ulos ini dipakai dan digunakan dalam setiap kegiatan. Agar tenun Ulos ini, dapat lebih dikenal masyarakat khususnya di Kota Pematang Siantar dan diharapkan semakin mendunia,” papar Susanti.

Halaman Selanjutnya >>>

Halaman Sebelumnya >>>

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan Kota Pematang Siantar, Herbet Aruan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bermaksud untuk menciptakan wadah atau tempat yang sekaligus menjadi pusat pengembangan dan pelestarian Ulos sebagai warisan bangsa. Serta meningkatkan pelaku UMKM tenun Ulos, demi terwujudnya Pematang Siantar sehat, sejahtera, dan berkualitas.

Sedangkan, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar, H Kusma Erizal Ginting SH menuturkan, dengan terbentuknya koperasi dan manajemen yang baik, maka hal itu akan menjadi jaminan.

Dalam kesempatan itu, Erizal sempat menyinggung Geopark Kaldera Toba yang mendapat lampu kuning dari Unesco. Dia menilai di tengah fasilitas dan infrastruktur, persoalan SDM sangat menentukan.

Suasana acara peresmian Kampung Tenun Ulos Siantar, sekaligus perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023, di Jalan Aries 1 No 51, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

BacaKonsisten mar-Simalungun Sampai ke Negeri Belanda, Ternyata dr Sarmedi Purba Ada Tujuan Ini, Bukan Main

Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting memberikan kata sambutan pada acara perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023, di Jalan Aries 1 No 51, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

BacaSusanti: Tidak Ada yang Mustahil Bagi Tuhan

Harapannya, dengan peresmian Kampung Tenun Ulos Siantar menjadi momentum dan tonggak salah satu titik destinasi di Kota Pematang Siantar. Sehingga, Sianțar bisa menjadi Destinasi Yes, Transit No.

“Saya sebagai Ketua Dekrasnasda, siap membantu Kampung Tenun Ulos untuk menjadi destinasi,” tutup Erizal.

Halaman Selanjutnya >>>

Halaman Sebelumnya >>>

Senior Manager Keuangan Komunikasi Umum PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Rizal Sirait mengutarakan, PLN saat ini sedang gencar-gencarnya menerapkan ‘electrifying lifestyle‘, yaitu sebuah program di mana listrik hadir di setiap sela kehidupan dan dalam setiap kegiatan, serta bagaimana listrik dapat menjadi ‘Teman Dekat’ dalam keseharian.

Sebagai halak Batak, dia merasa senang dan bangga dengan adanya peresmian Kampung Tenun Ulos. Sebab adat budaya tetap dilestarikan dan diperkenalkan lebih luas lagi kepada dunia.

“Dalam kesempatan ini juga kami berpikir bagaimana agar PLN dapat hadir dari hulu hingga ke hilir, untuk turut serta melestarikan Ulos, dimulai dari pembangunan fasilitas pendukung, yaitu alat tenun Ulos electric hingga memasarkan Ulos di marketplace PLN Mobile,” tuturnya.

Dilanjutkan, sampai saat ini, terdapat 25 seller di Kota Pematang Siantar yang sudah memasarkan Ulos di marketplace PLN Mobile.

“Dalam kesempatan ini pula saya ingin menginformasikan PLN Mobile tidak hanya aplikasi untuk membayar listrik, namun dapat membuat permohonan pasang baru, tambah daya, membuat pengaduan, serta berbelanja melalu e-commerce PLN Mobile,” terangnya.

Kegiatan diawali dengan pengguntingan pita oleh Susanti, dan dilanjutkan dengan peninjauan alat tenun Ulos listrik. Kegiatan ini juga diisi dengan pelantikan pengurus Koperasi Ulos Siantar Sejahtera.

Walikota Siantar Susanti Dewayani melakukan pengguntingan pita pada acara peresmian Kampung Tenun Ulos Siantar, sekaligus perayaan Hari Ulos Nasional Tahun 2023, di Jalan Aries 1 No 51, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (11/10/2023).

BacaEmpat Masalah dan Tantangan UMKM Indonesia ke Depan, Apa Saja?

BacaSusanti Apresiasi Sinergitas dan Kolaborasi GKPI yang Luar Biasa Bagi Kemajuan Siantar

Hadir pada kegiatan itu, Manajer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pematang Siantar, Hasudungan Siahaan, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan, Pembina UMKM SMS, Aprial M Rizaldi Ginting, Ketua UMKM Indonesia Bersinar, Fitra SP, sejumlah pimpinan perbankan, Staf Ahli, Asisten, sejumlah pimpinan OPD, camat, dan lurah.

Halaman Sebelumnya >>>