Benteng Siantar

Selamat! Buyung Sirawan Tanjung Pimpin PABPDSI Simalungun

Buyung Irawan Tanjung, Ketua PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 menerima pataka dari Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga, pada Acara Pengukuhan berlangsung di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Raya, Rabu (18/8/2021).

RAYA, BENTENGSIANTAR.com– Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengukuhkan dan melantik pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Simalungun periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Rabu (18/8/2021).

Dalam sambutannya, Radiapoh mengatakan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyebutkan bahwa pemerintahan desa adalah kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Simalungun disebut dengan Maujana Nagori.

“Saya menyambut baik terbentuknya kepengurusan PABPDSI di Simalungun. Kedepan, saya berharap sesuai fungsi maujana yakni melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan nagori, kiranya penggunaan dana di nagori, baik alokasi dana desa atau alokasi dana nagori tepat sasaran demi mewujudkan pembangunan nagori yang lebih baik,” pesan Radiapoh.

BacaSaat Energi Terkuras Pandemi, RHS Hidupkan Kembali Tradisi Nenek Moyang, Perbaikan Jalan 162,5 Km Terkabul

BacaBersyukur Atas Perbaikan Jalan dan Berharap jadi Nagori Percontohan di Simalungun

Dijelaskan, sebagai lembaga formal, maujana nagori mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga. Untuk itu diharapakan setiap anggota Maujana Nagori dapat meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya.

“Jalinlah komunikasi yang baik dengan pangulu dan perangkat nagori, sehingga tidak terjadi kesenjangan hubungan kerja di nagori,” imbau pria yang akrab disapa RHS ini.

Bersambung ke halaman 2..

Menurut Radiapoh, antara pangulu dan maujana nagori harus sejalan dan bersinergi dalam melaksanakan roda pemerintahan di nagori. Tingkatkan SDM dan inovasi, hindari konflik yang tidak perlu dan berikanlah contoh yang baik buat masyarakat.

“Apalagi situasi Covid saat ini, mari kita terapkan aturan pemerintah dengan melaksanakan protokol kesehatan, agar Simalungun kedepan lebih baik lagi,” ujar Radiapoh.

Disamping itu, bupati juga berharp kepada maujana nagori untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan pendataan peta bidang tanah di nagori masing-masing agar masyarakat memperoleh sertifikat tanah. Hal itu juga untuk menghindari terjadinya permasalahan tanah di kemudian hari.

“Selamat kepada pengurus yang dilantik dan selamat bekerja, berikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat. Mari sama-sama kita bangun Simalungun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Radiapoh.

BacaDana Desa Boleh Dipakai Untuk Program Cegah Narkoba

BacaHore.. Bantuan Langsung Tunai Desa Sempajaya Berastagi Cair

Tampak hadir di acara itu, mewakili Ketua DPRD Simalungun, Jhon Redikalmen Saragih, Dandim 0207/Simalungun diwakili Kasdim Mayor Inf Fransisco Sidauruk, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Efianto, Kepala BPMPN Sarimuda Purba, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, plt Kaban Kesbangpol Ronald Anderson Silalahi, Ketua Umum PABPDSI Fery Radiansyah ST MM, dan undangan terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.

Bersambung ke halaman 3..

Ketua Umum PABPDSI Fery Radiansyah dalam sambutannya mengharapkan dengan dilantiknya Pengurus PABPDSI Simalungun dapat memberikan peningkatan kesejahteraan maujana di daerah ini.

“Mari kita dorong pemerintahan desa untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Adapun Kepengurusan PABPDSI Simalungun periode 2021-2027, terdiri dari Ketua Buyung Sirawan Tanjung dibantu 9 wakil ketua, Sekretaris Sahrul Efendi dibantu 4 wakil Sekretaris, Bendahara Syahnan Rawi dibantu 2 wakil bendahara.

BacaPesan RHS ke Peserta Ausbildung ke Jerman: Kelak Sukses, Jangan Lupa Simalungun!

BacaDemi Kemajuan Nagori di Simalungun, Radiapoh Tak Akan Intervensi Dana Desa

Kepengurusan tersebut dilengkapi dengan biro organisasi dan kelembagaan, biro pemberdayaan perempuan, biro tata negara, kelembagaan dan regulasi desa, biro kerjasama lembaga, biro aspirasi rakyat desa, dan kearifan lokal, biro inovasi dan desa digital, biro perencanaan pembangunan desa dan biro kajian desa daerah tertinggal.

Buyung Irawan Tanjung, selaku Ketua PABPDSI Simalungun dalam sambutnya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan pelantikan PABPDSI, sebagai wadah untuk bersatu, berjuang, dan bermartabat bagi seluruh anggota Maujana Nagori.

Bersambung ke halaman 4..

Menurut Buyung, kehadiran PABPDSI di Simalungun berusaha menciptakan kerjasama yang harmonis antara pangulu dan maujana nagori dan mempermudah komunikasi, koordinasi di semua tingkatan.

“Kami siap mendukung program Pemkab Simalungun dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih sejahteta,” tandasnya.

Sebelumnya, dilaksanakan deklarasi pengurus PABPDSI yang dipimpin oleh Buyung Irawan Tanjung. Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan pataka kepada Ketua PABPDSI oleh Bupati Simalungun.

Para pengurus PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 mengikuti Acara Pengukuhan berlangsung di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Raya, Rabu (18/8/2021).

BacaSelamat! Jonas Bangun Jabat Ketua Pengkab Taekwondo Simalungun

BacaBogel Saragih: Dana Desa di Simalungun, Rawan Bancakan Korupsi

Kemudian diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan kepada Bupati Simalungun dan Ketua DPRD sebagai bapak Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Simalungun oleh Ketua Umum PABPDSI dan Ketua PABPDSI Simalungun.